Siapa sangka Daun Sirsak ternyata juga Ampuh mengatasi Asam urat, Begini Cara Meraciknya

 

Bundacorner.com – Selain berkhasiat sebagai anti kanker, ternyata daun sirsak juga efektif untuk mengatasi masalah asam urat, Alhamdulillah sudah ada yang membuktikan khasiat air rebusan daun sirsak ini untuk atasi asam urat.

Posted by Naula Syahda on Facebook:

Yupss..bnr bgt..org tua sy udh Membuktikannya..sdh dr 3tahun yg lalu mengonsumsi aer rbusn daun sirsak..rutin mnumnya cpt smbuhnya..tnpa efk smping n pnharuh yg lain..cume klo dibiarkn trlalu lama wrna aernya akn berubah sprti aer comberan n rasanya ngk enak..jd klo mo minum disaat aernya msh hngt2 kuku n diminum satu nafas..nggk ad rasa ap2 kok. Bnyk manfaatnya..kanker..hipertensi..asam urt..kolesterol n lain2..slmt mencobaaaa

Baca juga: Diabetes Akan Terobati Dengan Daun Kelor, Begini Caranya

Asam urat terjadi karena adanya zat purin yang berlebihan, ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya dari tubuh sehingga menumpuklah di persendian.

Anda bisa saja memaksakan diri dengan segala kekuatan yang ada namun tetap saja rasanya akan sangat tidak nyaman.

Cara Meracik Daun Sirsak untuk Mengatasi Asam urat

1. Ambil 10-15 daun sirsak, Bersihkan daun-daun tersebut. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di daunnya. Anda boleh gunakan cairan pembersih sayuran saat mencuci daun-daun tersebut.

2. Masukkan daun yang sudah dicuci tadi ke dalam wadah untuk merebus. Tuangkan air yang cukup banyak sampai daun sirsak itu terendam semuanya. Jadi, masukkan daun sirsak ke dalam wadah merebus dari sejak awal anda akan merebus airnya, bukan saat air sudah mendidih.

Baca juga: Mulai Sekarang Hati-hati, Salah Satunya Minum Teh Setelah Makan Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

3. Rebus terus daun sirsak tersebut sampai air yang ada di dalam wadah tersisa kira-kira sekitar 2 gelas saja. Ketika air sudah mencapai jumlah tersebut proses merebus sudah boleh dihentikan.

4. Selama anda belum meminum air rebusan daun sirsak tadi, biarkanlah air rebusan tersebut tetap berada di dalam wadah, tidak perlu pisahkan air dari daun-daun sirsak yang sudah direbus tadi

5. Konsumsi air rebusan tersebut dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sore hari

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur bukan berarti anda menjadi bebas mengonsumsi jenis makanan apapun. Penyakit ini umumnya disebabkan karena pola gaya hidup yang berkaitan dengan makanan, namun juga bersifat genetik.

Baca juga: Inilah 8 Penyakit yang Bisa Sembuh Dengan Berjalan Kaki

Anda lebih berisiko terkena asam urat jika dalam keluarga anda sudah ada riwayat penyakit ini. Oleh karena itu ada baiknya jika anda mengunjungi tenaga mendis profesional untuk cek/tes kadar asam urat sebagai bentuk penanganan yang lebih dini.

Zat purin juga terdapat dalam makanan, oleh karena itu pola makanan anda juga jangan asal-asalan.

Disarankan anda tetap mengurangi makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat seperti kacang-kacangan, seafood dan jeroan.

Inilah Kandungan Senyawa Buah Sirsak

Bukan tanpa alasan, jika buah dan daun sirsak dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ini 10 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

1. Serat

Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan kontrol berat badan.

2. Karbohidrat

Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 gram, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah yang jauh lebih sehat dari yang ditemukan dalam soda atau kue, karena dapat memicu kenaikan gula darah.

Baca juga: 3 Minuman Herbal Ini Dapat Meredakan Sakit Tengorokan

3. Kalium

Sirsak merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Vitamin C

Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan lelaki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Berikut ini Adalah Gejala Penyakit Maag yang Berbahaya

5. Air

Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

6. Fosfor dan Kalsium

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram buah sirsak. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan Tapi Dapat Bahayakan Kesehatan Kita, Salah Satunya Langsung Sikat Gigi Sehabis Makan

7. Lemak

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Demikianlah, selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat

Dilansir dari Status Facebook Kebajikan ( De 德 ) & Akuwanitasehat

Leave a Reply