Manfaat Telur Bebek Bagi Ibu Hamil Ternyata Sangat Bagus

 

Bundacorner.com – Tidak sedikit masyarakat Indonesia menyukai telur asin, biasannya telur asin ini berasal dari telur bebek. Yuk simak manfaat dan cara membuatnya.

Telur bebek baik untuk dikonsumsi, bahkan banyak ahli kesehatan yang menganjurkannya untuk dijadikan sebagai lauk makan. Telur bebek sebagai lauk makan biasanya berupa telur asin.

Telur asin adalah salah satu jenis masakan tradional Indonesia yang diawetkan dengan menggunakan garam. Fungsi garam di sini adalah untuk menonaktifkan enzim perombak sehingga telur bisa awet dan juga tahan lama. Dengan cara ini pula telur asin bisa bertahan hingga satu bulan.

Baca juga: Ini 10 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Apabila dilihat dari kandungan yang dimilikinya, telur asin aman untuk ibu hamil. Banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Sumber Protein
Kandungan utama telur asin berupa protein, kandungan protein yang kaya ini bermanfaat untuk mencegah bayi terlahir dengan kondisi berat badan rendah, membantu pembentukan organ dan pertumbuhannya, mencegah spina bifida (cacat tabung saraf), dan juga merangsang perkembangan kognitif (kecerdasan) janin sejak berada dalam kandungan.

2. Mengandung Asam Lemak Omega 3
Kandungan asam lemak omega 3 ini dapat berasal dari banyaknya kandungan protein yang terdapat di dalam telur asin. Yang mana, peningkatan kemampuan kognitif (kecerdasan) berasal dari terpenuhinya kandungan asam lemak omega 3 ini.

Baca juga: Begini Cara Memasak Mie Instan Agar Kandungan Lilin yang Merusak Otak Didalamnya Hilang

3. Kandungan Kalsium Tinggi
Kandungan kalsium pada telur asin sangat baik dikonsumsi oleh Ibu hamil supaya kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dan terhindar dari resiko osteoporosis (tulang keropos), pegal-pegal maupun nyeri pinggang. Asupan kalsium tersebut juga digunakan untuk membantu pertumbuhan tulang dan sistem sendi pada bayi di dalam kandungannya.

4. Kandungan Zat Besi Tinggi
Kandungan zat besi pada telur asin dapat menyembuhkan anemia dan pemberi energi jika dikonsumsi rutin dan teratur oleh ibu hamil.

5. Sumber Vitamin A
Sumber vitamin A pada telur asin dapat menjaga pertumbuhan visual (penglihatan/mata) janin, menangkal toksin serta radikal bebas, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh sang Ibu daripada berbagai serangan patogen yang menyebabkan penyakit, yang nantinya juga akan mempengaruhi kesehatan janin (bayi) dalam kandungannya.

Baca juga: Ini 11 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

6. Sumber Vitamin E
Kandungan vitamin E pad telur asin dapat membantu merawat kesehatan kulit sang Ibu yang rentan mengalami masalah, seperti kulit kering, stretch mark, dan jerawat. Dalam artian, kandungan vitamin E di dalam telur asin juga berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, manfaat vitamin E untuk ibu hamil juga dapat membantu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh.

Telur asin awet berapa lama? Itulah pertanyaan yang seringkali kita dengar di kalangan masyarakat. Sebenarnya telur asin yang diawetkan dengan cara diasinkan oleh peternak itik bisa bertahan lebih lama  hingga 6 minggu. Bila sebelum diasinkan, daya simpan telur hanya sekitar 2 mingguan.

Begitu banyak manfaat telur asin bagi ibu hamil. Daripada Anda membelinya setiap hari, Anda bisa membuat sendiri di rumah lho.

Telur asin cara membuat, yakni dengan air garam ataupun batu bata. Yang penting adalah kualitas telur yang Anda pakai bagus serta prosesnya yang benar.

Baca juga: Disebutkan Dalam Al-Qur’an, Ini Keistimewaan Jahe Yang Tak Terduga

1. Cara membuat telur asin dengan air garam

Bahan :

  • Telur bebek 12 butir
  • Garam 500 g
  • Air 1 L
  • Toples yang dapat ditutup rapat

Baca juga: Cara Alami Untuk Menangani Serangan Vertigo Mendadak

Cara membuat :

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak. Keringkan telur.
  3. Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka.
  4. Larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.
  5. Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan.
  6. Rendam selama 10-12 hari.
  7. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.
  8. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.
  9. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.
  10. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  11. Telur asin siap disajikan.

Baca juga: Siapa sangka Daun Sirsak ternyata juga Ampuh mengatasi Asam urat, Begini Cara Meraciknya

2. Cara membuat telur asin dengan batu bata

Bahan :

  • Telur bebek 12 butir
  • Garam 500 g
  • Batu bata 4 buah, hancurkan hingga benar-benar lembut.
  • Air 1 L
  • Ember

Baca juga: WOW! Kalau Kalian Nemu Tanaman Liar “Kayak Gini” Di Sekitar Rumahmu, Berbahagialah! Kamu Gak Perlu Lagi “Habiskan Uang Ke Dokter” Saat Sakit

Cara membuat :

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak.
  3. Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka. Keringkan telur.
  4. Campurkan remukan bata yang sudah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan sampai encer. Bentuk hingga seperti pasta.
  5. Masukkan garam. Aduk lagi. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan atau spatula.
  6. Lumuri telur dengan tanah sampai menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kira-kira hingga ketebalan mencapai 3 cm.
  7. Masukkan dalam ember satu per satu.
  8. Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tanah dengan batu bata lagi secukupnya.
  9. Diamkan selama 14 hari.
  10. Setelah proses selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.
  11. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  12. Telur asin siap disajikan.

Baca juga: Diabetes Akan Terobati Dengan Daun Kelor, Begini Caranya

Telur asin cara membuat menggunakan batu bata bisa Anda ganti dengan menggunakan abu gosok. Hanya perlu mengganti batu bata dengan abu gosok. Cara membuatnya sama saja.

Jika Anda ingin rasa yang lain, Anda cukup mengganti cara akhir, bukan dengan telur asin direbus atau dikukus, namun menggunakan asap yaitu dengan cara mengasapi telur hingga matang. Untuk proses pengasapan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika ingin aroma lebih wangi dan gurih, Anda bisa membuatnya dengan cara dipanggang.

Telur asin cocok dimakan dengan nasi dan sambal. Selain itu, telur asin bisa dijadikan makanan unik yang mampu membuat rasa makanan semakin enak. Makanan unik tersebut diantaranya ayam presto telur asin, crispy salted egg golden corn, salted egg bakpao, salted egg croissant, salted egg tart, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mulai Sekarang Hati-hati, Salah Satunya Minum Teh Setelah Makan Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Nah, itulah telur asin cara membuat serta manfaatnya bagi ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Mudah kan ya, buruan praktekkan dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber: wajibbaca

Leave a Reply