Ini 11 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

 

Bundacorner.com – Buah penurun darah tinggi bisa menjadi solusi bagi penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi medis yang menunjukkan terus meningkatnya tekanan darah di dalam areteri.

Biasanya, tekanan darah tinggi tidak memperlihatkan gejala apapun. Tekanan darah inggi berkepanjangan dapat berisiko pada sejumlah penyakit serius seperti sroke, jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Sebelum membahas macam-macam buah penurun darah tinggi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu tekanan darah.

Ketika jantung anda berdetak, maka darah akan dipompa dan disebar untuk memberikan energy dan tentunya oksigen yang dibutuhkan tubuh. Kekuatan untuk memompa darah itulah apa yang dimaksud dengan tekanan darah.

Baca juga: Punya Kerutan di Wajah? Atasi Masalah Tersebut Dengan Kulit Pisang

Jika tekanan darah anda terlalu tinggi, itu menunjukkan sebuah kerja ekstra tinggi di dalam arteri. Hal tersebut berisiko membuat anda terserang stroke atau serangan jantung. Oleh sebab itu, tekanan darah mesti dijaga dalam hitungan ideal. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.

Lantas, bagaimana anda bisa mengetahui bahwa tekanan darah anda tinggi atau tidak. Tekanan darah tinggi sendiri disebut dengan hipertensi.

Memeiliki tekanan darah tinggi biasanya tidak memberi tanda-tanda perasaan atau kondisi apapun pada diri anda. Sederhananya, secara umum, tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apapun.

Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah anda tinggi atau tidak adalah denga cara enghitungnya. Tekanan darah dihitung dengan ukurang millimeter merkuri (mmHg) dan ditulis di dalam 2 nomor. Contohnya, 120/80 mmHg.

Baca juga: Buang Jauh-jauh Kacamata, Hanya Dengan Daun ini Mata Minus Bisa Sembuh

Setiap tekanan darah dibaca dengan dua nomor tadi. Nomor-nomor tersebut disebut dengan top nomor dan sebaliknya. Nomor pertama, top nomor (misal, nomor 120 dari contoh di atas) disebut dengan tekanan sistolik.

Ini adalah nomor tekanan darah tertinggi yang dicapai oleh detak jantung. Hitungan ini menunjuukkan saat jantung berkontraksi. Kemudian yang kedua adalah tekanan diastolic (nomor 80 dari contoh di atas). Ini adalah hitungan terendah dari detak jantung anda. terjadi saat jantung berelaksasi.

Perlu dipahami, meski anda tidak mempunyai tekanan darah tinggi saat ini, penting untuk menjaga tekanan darah anda tetap pada hitungan ideal, serendah mungkin.

Semakin tinggi tekanan darah anda, semakin tinggi pula anda terkena risiko masalah-masalah medis serius lainnya seperti, stroke, serangan jantung, kebutaan, hingga masalah ginjal.

Lantas, mari kita mulai pembahasan macam-macam buah penurun darah tinggi.

Baca juga: Ini 10 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Ini 11 Daftar Buah Penurun Darah Tinggi

1. Melon

Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) mengandung 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.

2. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mudah sekali didapat karena memang banyak di Indonesia, banyak juga yang mengonsumsinya terutama ketika tahu manfaatnya. Tahukah Anda bahwa buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan L-citrulline.

Zat ini akan membantu memebuat rileks pembuluh darah, sehingga buah semangka bisa menjadi penurun darah tinggi.

Baca juga: 3 Minuman Herbal Ini Dapat Meredakan Sakit Tengorokan

3. Alpukat

Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

4. Buah kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, tapi dapat dengan mudah kita temui di supermarket.

Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.

Baca juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengonsumsi Pisang dan Alpukat Setiap Hari

5. Pisang

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke.

6. Jeruk

Aneka macam jeruk merupakan buah-buahan yang terkenal karena kandungan vitamin C, artinya ini merupakan makanan tinggi nutrisi dan rendah kalori.

Dengan kandungan kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung natrium, maka ini merupakan salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.

Baca juga: Minumlah Campuran Kunyit dan Madu dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

7. Buah Anggur

Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid yang ada dalam anggur tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Anggur sebanyak 123 g mengandung 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

8. Aprikot

Aprikot merupakan sumber kalium dan vitamin A yang sangat baik. Dalam satu cangkir aprikot kering (119 g) mengandung 2.202 mg kalium, mungkin ini merupakan salah satu jenis makanan terbaik yang kaya akan kalium. Buah ini hanya sedikit megandung natrium, lemak jenuh dan kolesterol.

Baca juga: Jika Anda Rutin Makan Sepotong Pepaya Tiap Hari, Rasakan 7 Manfaat ini Pada Tubuh

9. Jambu Biji

Jika Anda ingin meniru hasil studi klinis yang dilakukan di India, maka Anda harus makan jambu sebelum makan siang atau makan malam. Buah jambu ini memiliki kadar kalium yang tinggi, kaya serat alami.

Dengan demikian, buah jambu bisa menurunkan darah tinggi dan membantu melancarkan pencernaan sehingga membatu juga dalam upaya meurunkan berat badan.

10. Buah Tomat

Menurunkan tekanan darah adalah salah satu dari sekian banyak manfaat mengonsumsi buah tomat. Tomat yang kaya akan lycopene, diketahuo membantui dapat membantu dalam membantu mencegah diabetes, penuaan dini, dan termasuk menurunkan hipertensi.

Dalam penyajiannya, akan lebih baik dimakan tanpa banyak pemrosesan, dan tidak dengan bahan-bahan lain seperti keju dan daging berlemak seperti pada pizza.

Baca juga: Wow Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kita Ketika Hanya Minum Air Putih Selama 30 Hari

11. Blueberry

Blueberry mengandung banyak antioksidan di dalamnya, seperti halnya raspberry, dan ini memiliki dampak langsung pada tekanan darah, dengan cara mengalahkan radikal bebas dalam tubuh.

Pertibangkan untuk makan semangkuk blueberry segar dicampur dengan buah-buahan lainnya sebagai sarapan yang menyegarkan. Hanya lakukan yang terbaik dalam mengonsumsinya, yaitu tanpa menambahkan gula, atau dengan pencampuran bahan-bahan lainnya.

Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga harus menghindari makanan pantangan darah tinggi sehingga hipertensi dapat terkontrol dan meminimalisir komplikasi, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan lain-lain.

Baca juga: Begini 7 Cara Mudah Membuat Masker Lemon Agar Kulit Wajah Mulus

Demikianlah, Semoga informasi ini dapat bermanfaat

sumber : wajibbaca

Leave a Reply