9 Tanda-tanda Awal Kehamilan, Jarang Disadari dan Kerap Diabaikan

 

Bundacorner.com – Bagi sebagian perempuan, tanda awal kehamilan muncul dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan. Tanda awal kehamilan juga dapat bervariasi dalam intensitas, frekuensi, dan durasi. Bahkan terkadang tanda awal kehamilan tak sadari dan kerap diabaikan.

Ini karena di awal kehamilan perempuan kurang peka dengan perubahan tubuhnya. Sehingga ada perempuan yang tidak menyadari mereka sedang hamil, sampai berminggu-minggu kehamilan.

Untuk itu, yuk kenali 9 tanda-tanda awal kehamilan ini yuk Moms:

1. Payudara bengkak

Payudara Moms mungkin memberikan salah satu tanda awal kehamilan. Dua minggu setelah pembuahan, perubahan hormon dapat membuat payudara Moms terasa bengkak dan sakit. Payudara Moms juga terasa lebih berisi dan lebih berat.

2. Kelelahan

Kelelahan juga menempati urutan tertinggi di antara tanda awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesterone membumbung tinggi. Dalam dosis yang cukup tinggi, progesteron dapat membantu Moms tertidur.

Pada saat yang sama, kadar gula darah yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih rendah, dan peningkatan produksi darah dapat bekerja sama untuk menyerap energi Moms selama kehamilan.

3. Perdarahan sedikit dan kram

Tanda-tanda awal kehamilan lainnya adalah kadang-kadang sedikit perdarahan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

Jenis perdarahan ini biasanya sedikit awal, lebih gelap dan berwarna lebih terang daripada periode normal dan tidak bertahan lama. Beberapa perempuan juga mengalami kram perut di awal kehamilan. Kram ini mirip dengan kram menstruasi.

4. Mengidam makanan

Saat Moms hamil, Moms akan mengarahkan makanan tertentu ke hidung, seperti kopi atau makanan yang digoreng. Mengidam makanan umum terjadi pada kehamilan. Seperti kebanyakan tanda kehamilan lainnya, makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormonal terutama pada trimester pertama.

5. Sakit kepala

Pada awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh perubahan hormon sering memicu sakit kepala ringan.

6. Sembelit

Sembelit adalah tanda awal kehamilan yang umum terjadi. Peningkatan progesteron menyebabkan makanan melewati lebih lambat melalui usus yang dapat menyebabkan konstipasi.

7. Perubahan suasana hati

Hormon tinggi dalam tubuh Moms di awal kehamilan dapat membuat Moms merasa sangat emosional dan menangis. Perubahan suasana hati umum terjadi terutama pada trimester pertama.

8. Pusing dan pingsan

Saat pembuluh darah Moms melebar dan tekanan darah Moms turun, Moms mungkin merasa pusing atau bahkan menyebabkan pingsan.  Pada awal kehamilan, pingsan juga dapat dipicu oleh gula darah rendah.

9. Siklus menstruasi terlewatkan
Mungkin tanda awal kehamilan yang paling jelas adalah saat Moms melewatkan siklus menstruasi. Gejala kehamilan ini sering kali meneyebabkan perempuan mencari lebih banyak tanda awal kehamilan lainnya.

Jika Moms khawatir tentang tanda-tanda awal kehamilan, Moms dapat melakukan tes kehamilan.

Tes kehamilan bekerja paling baik jika Moms menunggu setidaknya satu atau dua hari setelah Moms melewatkan siklus bulanan.

Bahkan jika hasil tes kehamilan negatif, Moms harus mencobanya lagi beberapa hari kemudian untuk memastikan.

Sumber; Nakita

Leave a Reply