3 Minuman Herbal Ini Dapat Meredakan Sakit Tengorokan

 

Bundacorner.com – Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Biasanya orang yang mengalami sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel.

Tenggorokan yang terasa sakit atau panas membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk menelan makanan.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Namun, pada umumnya infeksi virus yang menjadi penyebab paling banyak dari sakit tenggorokan. Selain itu, penyebabnya bisa alergi, udara kering, dan polusi udara.

Baca juga: Mulai Sekarang Hati-hati, Salah Satunya Minum Teh Setelah Makan Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Sebelum meminum obat, Anda mencoba meredakan sakit tenggorokan dengan minuman herbal alami di bawah ini.

1. Susu Kunyit
Menurut buku ‘The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies’ dari Dr. Vasant Lad, minum satu cangkir susu panas direbus dengan setengah sendok teh kunyit bubuk sangat membantu dalam memperbaiki kondisi.

Anda juga bisa menambahkan mentega yang akan meleleh dan melapisi tenggorokan Anda, juga membebaskan dari sakit tenggorokan.

Baca juga: Diabetes Akan Terobati Dengan Daun Kelor, Begini Caranya

2. Teh Peppermint
Teh peppermint mengandung senyawa anti peradangan dan dikenal sangat menenangkan untuk tenggorokan. Selain itu, juga bisa sedikit meredakan sakit tenggorokan sehingga menghilangkan rasa sakit dan rasa gatal.

Caranya tambahkan daun peppermint segar ke air mendidih selama sekitar 3 hingga 5 menit dan kemudian saring daunnya. Teh ini tidak hanya akan meredakan sakit tenggorokan , tetapi juga mengisi kembali energi tubuh.

3. Teh Jahe
Jahe mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Anda cukup menambahkan jahe ke secangkir teh biasa.

Untuk hasil yang maksimal, tambahkan jahe parut ke air mendidih dan biarkan air menyerap semua nutrisi dari jahe. Tambahkan madu untuk membuatnya sedikit lebih enak dan bahkan lebih bermanfaat.

Baca juga: Minumlah Campuran Kunyit dan Madu dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

Cara Mengurangi Gejala

Meski dapat sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala:

  • Berkumur sampai ke tenggorokan (gargle) dengan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine, dua sampai lima kali sehari. Larutan antiseptik yang mengandung povidone-iodine dapat membunuh bakteri penyebab beberapa gangguan di mulut dan tenggorokan
  • Minum cukup air putih, terutama jika Anda sedang demam. Dengan minum air putih yang cukup Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  • Tidak merokok dan hindari lingkungan yang penuh asap.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan radang atau bengkak di tenggorokan.

Baca juga: Jika Anda Rutin Makan Sepotong Pepaya Tiap Hari, Rasakan 7 Manfaat ini Pada Tubuh

Demikianlah, Cara mengurangi Gejala Sakit Tenggorokan dan cara meredakannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply