Urine Kamu Berbuih Banyak Saat Buang Air Kecil? Ketahui Alasannya Sebelum Menyesal

 

Bundacorner.com – Saat buang air kecil dan melihat urinenya bersih, kesehatan Anda baik-baik saja. Tapi jika urine atau air seni ini berbeda seperti berwarna gelap, berbau atau berbuih maka bisa mengindikasikan beberapa masalah kesehatan.

Terkadang, saat Anda buang air kecil dengan kekuatan penuh, bisa juga menyebabkan buih di dalamnya. Atau jika di dalam air terdapat deterjen, yang bisa menyebabkan terjadinya buih, Anda tidak perlu khawatir dalam kasus seperti itu.

Tapi jika Anda mengamati selalu ada buih dalam urine setiap hari buang air kecil, maka kesehatan Anda dalam masalah. Dan mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah beberapa alasan untuk urine berbuih.

Baca juga: Lebih Bagus Minum Air Rebusan atau Galon? Ini Penjelasannya

Dikutip dari boldsky.com, beberapa alasan urine berbuih perlu dipertimbangkan:

Dehidrasi

Urine berbuih bisa karena dehidrasi. Bila Anda mengalami dehidrasi, urine Anda cenderung memiliki protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi. Minum banyak air.

Kehamilan

Urine berbuih sering terjadi selama kehamilan. Selama kehamilan, ginjal harus bekerja keras dan kadang protein bisa bocor ke dalam urine sehingga menyebabkan buih.

Baca juga: Disebutkan Dalam Al-Qur’an, Ini Keistimewaan Jahe Yang Tak Terduga

Stres

Bila Anda cemas atau stres, urine Anda cenderung berbuih. Alasannya bisa albumin, protein hadir dalam urin. Saat ginjal mengalami stres, protein bisa bocor ke dalam urine.

Diabetes

Bahkan diabetes bisa mempengaruhi ginjal dan menyebabkan urine berbuih. Kadar gula darah tinggi buruk bagi ginjal.

Baca juga: Inilah Penyebab Gigi Kuning & 20 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Murah, Efektif dan Tentu Saja Aman

Proteinuria

Jika kadar protein dalam urin terlalu tinggi, kondisi itu dikenal sebagai proteinuria. Bila ginjal tidak mampu menyaring protein dengan baik, lebih baik berkonsultasi ke dokter.

Infeksi saluran kemih

Bila bakteri menginfeksi saluran kemih, bisa juga menyebabkan urine buih. Ini bisa menyebabkan kebocoran protein ke dalam urine.

Baca juga: Paru – Paru Perokok Bisa Bersih Lagi Hanya Dengan Rajin Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Berikut Ini

Masalah jantung

Ini juga bisa menjadi gejala masalah kardiovaskular. Tingkat protein yang tinggi pada urin terkait dengan masalah seperti stroke juga.

Jadi, perhatikan kesehatan Anda dengan melihat dari kondisi urine. Semoga bermanfaat

sumber : akuwanitasehat

Leave a Reply