Tips Sederhana Agar Pertengkaran Kecil Dengan Pasangan Cepat Reda

 

Sahabat BC, salah satu hal yang tidak mungkin bisa kita hindari saat menikah adalah terlibat percekcokan dengan pasangan. Semua tidak bisa memungkiri bahwa pertengkaran dengan pasangan adalah hal yang bisa terjadi sekalipun hanya pertengkaran yang sifatnya sepele alias tidak prinsip.

Jika dengan teman yang bertemunya hanya sesekali entah itu di dunia nyata atau maya dan tidak terlalu terikat hubungan emosional saja bisa salah paham apalagi dengan pasangan hidup yang notabene selalu berinteraksi sepanjang hari. Namanya juga beda orang, beda isi kepala, beda persepsi, beda latar belakang, dan bedaa banyak hal. Terlepas dari beragam kesamaan yang pasti dimiliki, ya.

Pertengkaran kecil pun jika tidak disikapi dengan baik bisa berlarut-larut bahkan bisa berakibat fatal. Awalnya mungkin hanya bertengkar kecil masalah rebutan channel tv, tapi jika tidak disikapi dengan bijak bisa berkembang ke mana-mana bahkan bisa bercerai. Na’udzubillah.

“Kamu sih kalau ngeletakin remote enggak bener”

“Ya kamulah yang suka nonton tv,”

“Kok jadi aku? Ya kamu gak mau ingetin!”

“Kok ngelunjak ya udah disabarin!”

“Kamu itu yang sembrono, udah tahu remote tv itu benda kecil, gak rapi nyimpennya,”

“Kok dari tadi nyalahin aku terus,”

“Bukannya nyalahin, itu ngingetin kali, kamunya aja yang gak terimaan,”

“Kamu itu yang ngingetinnya gak bener!”

“Jadi harus gimana? Ingetinnya harus seperti mantanmu dulu yang lembut?”

“Kok bawa-bawa mantan?”

“Ya kamu yang mulai,”

Dan seterusnya.

Nah. Padahal masalahnya apa, sih? Sepele banget.

Sahabat Ummi pasti tahu kan bahwa setan itu bakal sorak-sorak bergembira melihat pasangan suami istri bertengkar. Prestasi tertinggi mereka adalah ketika bisa memisahkan dua insan yang direkatkan dalam hubungan halal. Kalau masalah alasan ya bisa dicari, salah satunya pertengkaran kecil. That’s why, meskipun bukan berarti harus lebay, seyogyanya kita tidak menyepelekan pertengkaran-pertengkaran kecil dengan pasangan. Jangan dibuat berlarut-larut apalagi sampai dipendam hingga menimbulkan dendam. Na’udzubillah.

Pertengkaran kecil dengan pasangan bisa jadi adalah sesuatu yang tidak mungkin bisa kita hindari, tapi kita bisa menyikapinya dengan baik agar tidak merembet ke mana-mana. Sahabat Ummi bisa menggunakan tips praktis dan sederhana ini:

Apa yang harus dilakukan jika terlibat pertengkaran kecil dengan pasangan hidup?

1. Jangan langsung menyalahkan nanti yang ada sahut-sahutan

“Kamu, sih!”

“Kamu itu!”

Sampai besok pagi begitu terus. Capek, ya.

Kecenderungan manusia ketika dia disalahkan adalah bersikap defensif alias membela diri. Jadi tahanlah untuk menyalahkan pasangan secara frontal.

Misal, masalahnya adalah kuitansi pembayaran yang hilang. Si istri menganggap suaminya yang simpan sedangkan si suami menganggap si istri yang simpan. Nah, dari asumsi ini aja udah enggak bisa ketemu karena masing-masing merasa bahwa pasangannya yang salah.

(Sumber:ummi)

Leave a Reply