Tips Mandi Menyenangkan untuk Ciptakan Ikatan dengan Anak

 

Ada cara menyenangkan, yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan ikatan dengan anak, yaitu saat mandi. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan Bunda dan si kecil saat mandi?

Setiap Bunda pasti punya cara andalan masing-masing untuk menciptakan ikatan dengan anak. Ada yang lebih suka melakukannya sambil menggendong, mengajaknya bermain, atau memeluk si kecil menjelang waktu tidurnya.

Tapi, tahu nggak, sih, Bun, ada cara menyenangkan paling disukai anak, yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kedekatan, yaitu saat mandi. Iya, setiap anak seharusnya sangat suka bermain air, sehingga jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan, mandi bisa jadi aktivitas khusus buat Bunda dan si kecil menciptakan bonding yang kuat.

Nah, apakah Bunda suka memandikan sendiri si kecil? Kalau tidak, coba sisihkan waktu untuk memandikannya sebelum Bunda berangkat ke kantor di pagi hari, atau ketika akhir pekan. Saat memandikan adalah momen di mana Bunda bisa terlibat secara fisik dan emosional dengan anak.

Baca juga: Anak Susah Makan Sayur dan Buah? Ini Saran Dari Ahli Gizi Untuk Bunda

Tak sekadar membasuh tangan dan kaki mungilnya, atau wajah lucunya yang menggemaskan, Bunda juga bisa mengajaknya ngobrol dan bersenandung, bahkan bermain di bak mandinya. Dijamin, anak pasti senang dan bergembira. Dan di saat hatinya bergembira inilah Bunda bisa menciptakan ikatan dengan anak.

Tapi, bagaimana cara membuat si kecil bergembira saat mandi? Yang ada, malah seringkali anak susah disuruh mandi, membuat mandi jadi salah satu aktivitas yang sangat dihindari anak. Setiap disuruh mandi, ia langsung menangis, dan Bunda pun jadi tidak sabaran ketika memandikannya. Hmm, pernah mengalami hal ini, Bun?

Bunda yang mengalami masalah ketika memandikan si kecil, tampaknya harus mencoba beberapa trik di bawah ini.

Lakukan cara ini supaya mandi jadi aktivitas favorit anak, dan bisa dimanfaatkan jadi cara untuk menciptakan ikatan dengan anak:
  1. Mandikan saat suasana hati anak sedang baik

Ketika anak menolak diajak mandi, sebaiknya, sih, Bunda jangan memaksanya. Memaksa si kecil tetap mandi saat ia sedang ngambek cuma akan membuat acara mandi jadi aktivitas yang tak menyenangkan bagi si kecil. Sabar, ya, Bun, coba ditunggu selama setengah jam.

Sementara itu, Bunda bisa mengajaknya melakukan hal-hal lain yang membuat suasana hatinya membaik, misal memberinya makanan kesukaannya, mengajaknya bermain, atau nonton TV. Setelah perhatiannya teralih dengan hal-hal yang disukainya, coba ajak si kecil untuk melanjutkan kegiatannya itu di kamar mandi. Bunda bisa bilang, “Mobil-mobilan ini bannya kotor, ya, bagaimana kalau kita bersihkan di kamar mandi?”

Baca juga: Banyaknya Manfaat Pepaya Untuk Bayi dan Balita

  1. Jangan sekadar mandi, tapi lakukan juga hal-hal lain yang menyenangkan

Intinya mandi memang membersihkan tubuh dan membasuhnya dengan air. Tapi, kalau ingin membuat aktivitas mandi jadi sesuatu yang menyenangkan, tak ada salahnya Bunda jadi kreatif dan menciptakan berbagai aktivitas seru yang bakal disukai si kecil.

Beberapa permainan atau aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan, misalnya:

  • Pasang selang di kran air, dan kucurkan air dari ketinggian seolah-olah si kecil sedang mandi di bawah air terjun.
  • Sambil menyabuni si kecil, ajak ia menyebutkan nama-nama bagian tubuhnya, misal tangan, kaki, jari-jari, punggung, dsb.
  • Ajari anak cara meniup busa sabun hingga muncul gelembung busa dan menerbangkannya.
  • Izinkan si kecil untuk membawa mainan yang bisa ia mandikan dan mainkan di bak mandi, misalnya mobil-mobilan, bebek-bebekan, atau boneka beruang.
  1. Minta ia memilih, mau mandi air dingin atau air hangat, atau mandi di bak mandi atau pakai ember

Anak-anak sangat suka memilih, dan biarkan ia memilih apa yang disukainya untuk mandi kali ini. Meski Bunda berpendapat mandi air dingin itu menyegarkan, tapi si kecil mungkin tidak berpendapat demikian, terutama ketika hari sedang hujan. Begitu juga dengan peralatan mandi yang digunakan. Si kecil mungkin saja bosan mandi di dalam bak mandi, meski Anda menganggapnya itulah yang paling aman untuknya.

  1. Pilih sabun yang khusus untuk kulit halus dan lembutnya

Tidak semua sabun cocok untuk kulit si kecil yang halus dan lembut. Jadi, pastikan Bunda memilih sabun khusus yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit si kecil. Sleek Baby 2 in 1 Hair & Body Liquid Wash merupakan sabun cair dengan formula hypoallergenic dan mengandung natural antibacterial yang menjaga kulit si kecil dari bakteri penyebab iritasi.

Sabun yang bisa digunakan mulai dari bayi baru lahir ini juga diperkaya dengan kandungan green teachamomile, dan jojoba oil sebagai antioksidan dan pelembab alami. Cocok untuk kulit sensitif si kecil. Oya, sabun cair ini juga bisa digunakan untuk ritual mandi sebelum tidur, lho, karena mengandung ekstrak lavender yang memberikan calming sensation.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Tantrum dan Penyebabnya

Untuk bayi baru lahir dengan kondisi kulit yang super halus, ada Sleek Baby 2 in 1 Hair& Body Foamy Wash yang berbentuk busa. Sama-sama memiliki formula hypoallergenicdan natural antibacterial yang menjaga kulit si kecil dari bakteri penyebab iritasi. Sabun yang juga seru buat bermain busa ini juga diperkaya dengan kandunganmilk protein dan avocado yang menjaga kulit bayi tetap lembap, lembut, dan kenyal.

Karena kedua sabun dari Sleek Baby ini sudah teruji klinis aman, jadi, jangan ragu memilihnya untuk menemani kegiatan bonding Bunda dan si kecil di kamar mandi, ya.

 

(Sumber: Asianparent)

Leave a Reply