Ternyata Bukan karena ‘Ngidam’ Jika Bayi Anda Ngeces Atau Ileran, dr. Reisa Ungkap Penyebab Bayi Berliur

 

Bundacorner.com – Mungkin diantara kalian ada yang mengalami hal seperti ini yakni sang anak atau si kecil selalu memainkan ludahnya dan berliur? Bahkan seluruh pakaiannya sampai basah penuh dengan air liur. Biasanya kondisi ini dikaitkan dengan mitos ‘ngidam’ yang tak dituruti.

Jangan percaya hal itu apalagi sampai terjebak dengan mitos, Sahabat. Bayi yang sehat justru memang berliur. Dokter Reisa Brotoasmoro memberikan penjelasannya.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Anak Kurang Nafsu Makan dan Solusinya

“Bayi yg dalam keadaan sehat, tetap saja ia bisa berliur terus hingga bibirnya basah. Biasanya ketika ia excited sedang bermain atau bahkan sampai ia tidur pun tetap ngeces. Kenapa demikian? Aliran air ludah yang deras, seringkali merupakan awal peristiwa tumbuh gigi. Tapi pada banyak kasus, sering juga ini terjadi tanpa sebab,” tulis dokter lulusan Universitas Pelita Harapan ini di akun Instagramnya.

Menurut dr. Reisa, kondisi ‘ileran’ hampir terjadi pada pada setiap bayi, terutama menginjak bulan ketiga, dan merupakan hal yang normal. Nantinya setelah berusia 2 tahun, kecenderungan berliur tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Orangtua Tidak Perlu Buru-buru Panik, Lakukan 9 Hal ini untuk Melakukan Pertolongan Pertama Jika Anak Demam di Malam Hari

Ia menyarankan untuk memakaikan bib dan menggantinya secara teratur. Terutama jika terasa basah dan si kecil terlihat tak nyaman dan rewel. Jika bib yang basah tak segera diganti bisa menyebabkan ruam pada kulit.

Jika memang sahabat, merasa kebiasaan berliur si kecil berlebihan atau disertai kehilangan nafsu makan, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi ada masalah dalam mulutnya.

Baca juga: Ayah Bunda Mulai Ajarkan Tanggung Jawab Saat Anak Berusia Balita

“Namun, ada juga beberapa kondisi/ penyakit yang dapat memicu hal ini seperti radang mulut akibat sariawan, adanya infeksi jamur pada daerah mulut, adanya radang tenggorokan bahkan bisa karena adanya masalah lambung atau pencernaan. Maka kita harus evaluasi sekitar rongga mulutnya,” ungkap dr. Reisa.

Nah para bunda itulah penjelasan Dr. Reisa mengenai anak atau bayi yang suka ngiler. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Ini Resep Lengkap Obat Tradisional yang Ampuh Atasi Demam, Batuk Pilek Pada Anak

 

Leave a Reply