Tanpa Obat, Inilah 7 Cara Mengobati Batuk Secara Alami Pada Anak

 

Bundacorner.com – Batuk pada anak sebaiknya diatasi dengan cara menggunakan obat batuk alami ya, Moms. Selain meminimalisir risiko pada anak, cara mengobati obat batuk alami juga mudah didapatkan di sekitar rumah. Moms bisa memanfaatkan bahan rumahan seperti madu, air, serta garam sebagai cara untuk membuat obat batu alami untuk anak.

Selain itu beberapa cara sederhana seperti metode penguapan juga bisa meringankan batuk pada anak.

Berikut ini 7 cara sederhana dan alami untuk meredakan batuk Si Kecil.

Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Memberikan 1 sendok makan madu pada anak sebelum tidur dapat meringankan tenggorokan, meredakan batuk, dan membuat Si Kecil lebih bahagia. Namun jangan berikan pada bayi atau anak di bawah usia 1 tahun ya, Moms. Kalau dipaksakan mereka bisa tambah sakit karena pencernaannya belum siap mencerna madu.

Menambah konsumsi cairan

Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang menderita batuk atau pilek. Penelitian menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Cairan terutama yang hangat sangat dapat meringankan batuk pada anak. Penelitian yang sama melaporkan bahwa minuman hangat mengurangi gejala yang lebih banyak, termasuk sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan .

Bebebrapa cairan hangat yang bisa meringankan batuk antara lain kaldu bening, teh herbal, teh hitam, serta air putih hangat.

Uap

Batuk berdahak bisa membaik dengan teknik penguapan.  Moms bisa menambahkan minyak esensial seperti rosemary ke dalam air panas di dalam mangkuk. Biarkan Si Kecil bersandar kemudian dekatkan mangkuk panas ke wajahnya. Taruh handuk di atas kepalanya untuk menjebak uap.

Kumur air garam

Obat sederhana ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan larutan sedikit mendingin sebelum menggunakannya untuk berkumur.

Tahan sebentar cairan tersebut di tenggorokan kemudian ludahkan. Berikan air garam setiap hari pada Si Kecil sampai batuk membaik. Namun pastikan usia Si kecil paling tidak 4 tahun untuk memastikan ia tidak menelan air garam.

Menggosok dada dengan minyak hangat

Saat batita batuk, Moms bisa membeli obat-obatan yang dijual bebas seperti vaporub. Pastikan untuk menghindari area wajah, terutama mulut, hidung dan mata. Jika Moms ingin bahan yang lebih alami, gunakan campuran minyak, lilin lebah, dan minyak esensial yang sesuai usia. Perlu diingat bahwa beberapa minyak esensial seperti eukaliptus dan pepermin tidak dianjurkan untuk anak kecil.

Posisikan kepala

Jika Si Kecil berusia lebih dari satu tahun, atur beberapa bantal di bawah punggung, bahu, dan kepalanya sehingga ia dapat tidur dengan posisi sedikit tegak agar lebih mudah bernapas.

Untuk bayi, letakkan bantal di bawah kasur tempat tidurnya agar kepalanya sedikit terangkat.

Susu

Dalam upaya membuat Si Kecil lebih banyak minum, Moms mungkin berpikir harus menggunakan air dan jus. Padahal jika Si Kecil menyukai susu, Moms juga boleh memberikannya. Beberapa gelas susu tidak akan membuat batuk anak menjadi lebih buruk, namun akan membuatnya terhidrasi. Vitamin D dalam susu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Sumber: nakita

Mintalah Si Kecil menghirupnya selama 5 menit dan jika kulit terasa panas, hentikan dulu sampai kulit mendingin.

Selain dengan cara ini, Moms juga bisa menggunakan humidifier atau alat penguap di rumah.

 

 

Leave a Reply