Si Kecil Susah Diatur? Begini Cara Menghadapi Anak Nakal Yang Benar

 

Bundacorner.com – Sering kali seorang anak tidak patuh kepada orangtuanya. Bila hal ini terjadi pada buah hati kamu, terapkanlah cara menghadapi anak nakal yang tepat.

Masa anak-anak merupakan masa di mana mereka melakukan banyak eksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya. Tapi ada kalanya, perilaku mereka ini justru membuat orang di sekitarnya merasa kesal. Saat bereksplorasi, mudah baginya untuk melakukan hal-hal nakal akibat adanya rasa penasaran yang begitu tinggi.

Pada dasarnya, kenakalan yang ditunjukkan oleh anak-anak tergolong hal yang wajar, dengan catatan masih dilakukan dalam batas normal. Hal ini dikarenakan sang anak sedang berusaha untuk menunjukkan ego dan eksistensinya.

Kenakalan ini sendiri ia tunjukkan sebagai cara untuk mencari perhatian dan merasa penasaran terhadap reaksi dari orang lain mengenai sikapnya tersebut.

Sebagai orangtua, tentulah tidak bisa jika hanya dengan marah-marah. Peranan orangtua begitu penting untuk menghadapi anak yang cenderung nakal. Baca juga: 6 Tips Melahirkan dengan Mudah untuk Ibu Hamil Beserta Doanya

Ini Dia Cara Menghadapi Anak Nakal

Lantas, bagaimana cara menghadapi anak nakal yang baik dan benar? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Lakukan pendekatan kepada anak.

Ketika anak rewel, nakal, dan susah diatur sebaiknya jangan hadapi dia dengan keras, emosional, dan penuh amarah. Cara tersebut justru tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada bahkan anak akan semakin rewel dan nakal. Oleh karena itulah, orangtua harus melakukan pendekatan yang baik. Berilah nasehat dengan lembut bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik.

2. Tunjukanlah tekat yang kuat terhadap anak.

Selain harus menjaga kekonsistenan, orangtua juga harus memiliki tekat yang kuat dalam menghadapi anak yang memang nakal. Ketika si kecil sedang bertengkar hebat dan sulit untuk melerainya, orangtua harus menunjukan tekad yang kuat.

Baca juga: Hati-Hati! Jangan Ngomong ini ke Ibu Melahirkan Cesar

Tentu hal itu sangatlah penting orangtua miliki sebab jika kita menyerah, meski pun sebenarnya anak-anak tidak tahu apakah mereka bisa menang atau tidak. Maka dari itulah, dengan tekad yang kuat secara internal yang orangtua miliki akan menjauhkan si kecil dari hal-hal yang buruk.

3. Buatlah peraturan yang khusus untuk si kecil

Buatlah peraturan khusus yang sebelumnya telah dibicarakan terlebih dahulu dengan anak-anak.Peraturan yang orangtua buat harus memiliki konskuensi supaya anak dapat berusaha menghindari perbuatan nakal tersebut.

Semakin orangtua sabar maka ia akan semakin mudah untuk dikendalikan. Jangan lupa untuk selalu memberlakukan peraturan yang sudah dibuat supaya si kecil mengingat batasannya.

Selain itu, orangtua harus selalu memberikan anak penghargaan pada saat anak melakukan hal-hal yang baik, seperti memberi pujian kepadanya. Baca juga: Banyaknya Manfaat Pepaya Untuk Bayi dan Balita

4. Tunjukan sikap yang manis dan lembut kepada anak

Ketika anak kita melakukan hal yang buruk di tempat umum tentu kita sebagai orangtua merasa kesal dan ingin memarahi anak tersebut.

Namun ternyata tindakan semacam itu tidaklah tepat untuk diterapkan dalam hal mendidik anak yang nakal, karena bisa membuat si kecil semakin berontak dan semakin bertingkah yang nakal.

Namun orangtua harus memberikan sikap yang penuh kelembutan, berikanlah dia pengertian dan berusaha untuk memaafkannya.

5. Jangan terlalu memanjakan anak

Tentu kita tahu bahwa sikap memanjakan anak yang ditanamkan sejak dini akan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Hal itu akan mengakibatkan anak menjadi terbiasa dengan jalan yang mudah ketika dia ingin mendapatkan sesuatu.

Kondisi tersebut, akan terlihat ketika suatu saat nanti keinginannya tidak terpenuhi maka dia akan menunjukan sikap yang membangkang kepada orangtuanya.

Maka dari itulah, orangtua jangan terlalu memanjakanya tapi perlakukanlah dia dengan baik dan sewajarnya saja.

6. Berikanlah contoh yang baik untuk si kecil

Perlu diketahui bahwa anak yang masih berada dalam tahap pengembangan dan pertumbuhan akan cenderung menirukan apa yang telah orangtua lakukan. Dia sangat mudah menyerap apapun yang terjadi di sekitarnya.

Baca juga: Kenapa Kulit Bayi Yang Baru Lahir Sering Mengelupas? Berikut Penjelasannya

Maka jika ingin si kecil tumbuh menjadi sosok yang baik, patuh dan tidak nakal, sebaiknya berikanlah contoh dengan baik. Berikanlah sikap yang baik, jangan berkata yang kasar atau yang buruk ketika dihadapan anak.

7. Jangan memberikan label buruk padanya

Ketika anak nakal dan bandel, maka orangtua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Pemberian label itu akan menjadikan anak semakin nakal, dia beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakternya, sehingga akan menyusahkan anda sebagai orangtua untuk mendidiknya.

Para bunda dan ayah begitulah cara menghadapi anak yang nakal. Ingat, jangan dihakimi, ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: moslemlifestyle

Leave a Reply