Kenapa Kulit Bayi Yang Baru Lahir Sering Mengelupas? Berikut Penjelasannya

 

Kerap kali kita keheranan atau bahkan kaget ketika melihat kulit bayi yang baru lahir, kering dan mengelupas. Kenapa ya?

Ya, kulit bayi yang baru lahir kering dan mengelkupas karena kondisinya yang masih terbungkus berbagai jenis cairan. Di antaranya ketuban, darah, dan lapisan putih kotor atau vernix.

Setelahnya seperti pada umumnya, jika kulit bayi yang baru lahir dibersihkan, maka akan beradaptasi dengan dunia luar.

Baca juga: Banyaknya Manfaat Pepaya Untuk Bayi dan Balita

Lapisan terluar kulit bayi akan terus mengelupas sampai bersih, kira-kira bekisar 1-3 minggu lamanya dan tergantung pula apakah si kecil itu bayi prematur, cukup bulan atau terlambat.

Tidak diperlukan perawatan khusus pula dalam menghadapi kulit yang mengelupas secara normal ini, Moms. Perhatikan, jika tidak berlangsung lama pengelupasan kulitnya, berarti ada banyak vernix yang dimiliki bayi.

Yang perlu diwaspadai adalah apabila pengelupasan kulitnya disertai dengan kondisi kulit kemerahan yang meradang, menebal dan bersisik. Itu bisa dikarenakan penyakit genetik iktiosis. Bila kondisi itu yang Anda temui, segera datangi dokter.

Baca juga: Hati-Hati! Jangan Ngomong ini ke Ibu Melahirkan Cesar

Nah bunda mulai sekarang kita semua tahu mengapa kulit bayi yang baru lahir mengelupas. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Sumber: Inspirasidata

Leave a Reply