Kenali Ciri-ciri Anak Cacingan, Bila Dibiarkan Bisa Berbahaya ini Cara Pengobatannya

 

Bundacorner.com – Anak semakin kurus? Susah makan, lemes…

Ya bisa jadi itu tanda anak Anda cacingan…., jangan biarkan obati Bun.. Ini caranya… Cacingan adalah sebuah kondisi kesehatan yang banyak dialami khususnya oleh anak-anak. Kasus cacingan memang sebaiknya lebih diperhatikan oleh para orang tua supaya dapat melakukan pencegahan sedini mungkin.

Namun bila sudah terjadi, bagaimana cara mengetahui anak terkena cacingan? Seperti apa ciri ciri anak cacingan secara umum? Cacingan merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi anak-anak. Namun terkadang orang tua masih menganggap remeh permasalahan tersebut. Padahal jika dibiarkan berlarut-larut cacingan menyebabkan penyakit-penyakit lain dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh anak bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Baca juga: Tips Buat Bunda, 8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak dengan Cepat

Anak-anak memang paling rentan mengidap cacingan, karena anak-anak terkadang mengabaikan masalah kebersihan. Jadi sebagai orang tua kita harus selalu memberikan contoh untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan aktifitas apapun.

Cacingan biasanya terjadi karena kurangnya kesadaran diri untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Anak-anak senang sekali main kotor-kotoran, bisa jadi jika setelah main tidak mencuci tangan maka larva cacing akan masuk ke dalam tubuh dan akan membuat infeksi didalam organ-organ tubuh. Cacing biasanya masuk ke dalam organ-organ tubuh seperti : saluran pencernaan, kulit, usus, paru-paru dan otot.

Penyakit cacingan, khususnya ciri-ciri cacingan pada anak-anak biasanya terjadi cukup mendadak. Sebelumnya, anak-anak tidak mengeluhkan sakit apa-apa, namun jika sudah terkena cacingan secara perlahan anak bisa mengalami gangguan cara mengatasi perut begah nutrisi bahkan hingga anemia.

Secara umum, diperkirakan sekitar 60% orang yang tinggal di Indonesia terkena cacingan. Paling banyak diderita oleh rentang usia 5 hingga 14 tahun.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor iklim kita yang cenderung tropis, kurang menjaga kebersihan tubuh, keadaan sosial ekonomi, keadaan sanitasi yang buruk dan meningkatnya populasi penduduk di Indonesia.

Baca juga: Ketahui Bunda, Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

Kenali Ciri-Ciri Anak Cacingan
Anak-anak memang paling rentan mengidap cacingan, karena anak-anak terkadang mengabaikan masalah kebersihan. Cacingan biasanya terjadi karena kurangnya kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan diri ataupun lingkungan. Cacing biasanya masuk ke dalam organ-organ tubuh melalui saluran pencernaan, kulit, usus, paru-paru, bahkan otot.

Selain akibat main di tempat yang memang sudah terkontaminasi dengan telur cacing, anak-anak juga rentan mengalami cacingan dari makanan serta minuman yang tidak higienis dan tidak dimasak dengan cara yang benar – seperti tidak matang seutuhnya. Itu sebabnya, penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan makanan dan lingkungan si kecil.

Baca juga: Agar Asupan Nutrisi Kulit Bayi Anda Tetap Terjaga, ini Dia Cara Ampuhnya

Apa saja ciri cacingan pada anak?

Berikut ini beberapa ciri cacingan pada anak berdasarkan jenis cacing yang menginfeksinya di dalam tubuh.

1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis)

Jenis cacing ini yang lebih sering menyerang anak-anak. Hal ini terjadi lantaran anak-anak senang main kotor-kotoran misalnya main tanah.

Setelah puas bermain, biasanya tanpa cuci tangan anak-anak langsung mengambil makanan. Sehingga telur cacing yang menempel pada jari tangan mereka akan ikut masuk ke dalam mulut. Lalu telur tesebut menetas di  usus kecil dan masuk ke usus besar. Di dalam usus besar tersebut cacing kremi menempel dan akan mengambil makanan. Kemudian jika sudah dewasa cacing kremi betina akan menuju ke anus untuk mengeluarkan telur. Maka, inilah penyebab kenapa banyak anak-anak yang terkena cacing kremi akan merasakan gatal-gatal di sekitar anus.

Baca juga: Hanya dalam Semalam, ini Cara Menyembuhkan Pilek yang Aman tanpa Obat

Ciri-ciri cacingan / anak yang terkena cacing kremi:

  • Gatal yang terus menerus di sekitar anus
  • Susah tidur karena merasakan gatal di sekitar anus
  • Sekitar anus terasa nyeri dan terjadi iritasi
  • Terdapat cacing kremi pada tinja

2. Cacing gelang (Ascariasis lumbricoides)

Cacing gelang biasa menyebar melalui makanan dan minuman yang sebelumnya sudah terkontaminasi cacing gelang. Tapi tidak ada gejala khusus yang ditimbulkan cacing ini. Kita baru tahu setelah melihat cacing yang keluar bersamaan dengan tinja. Cara hidup cacing gelang di dalam usus halus ialah dengan cara parasit. Cacing gelang juga bisa masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan anak batuk-batuk.

Ciri-ciri anak yang terkena cacing gelang:

  • Batuk
  • Nyeri perut
  • Mual bahkan kadang sampai muntah
  • Berat badan turun
  • Tampak cacing pada tinja
  • Lesu

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Mudah dan Aman

3. Cacing tambang (Necator americanus dan Acylostoma duodenale)

Cacing tambang biasanya melekat pada usus dengan mulut mereka dan akan menghisap darah. Kemudian, cacing ini masuk lewat kulit kaki dan akan menginfeksi bagian dalam tubuh, seperti paru-paru dan jantung melewati aliran darah.

Tidak jarang, cacing ini menyebabkan anemia pada anak-anak, sehingga berakibat menurunnya daya tahan tubuh dan mempengaruhi kecerdasan anak. Kontaminasi cacing ini juga mengakibatkan anak menjadi susah makan sehingga menjadi gizi buruk karena semua nutrisi akan diserap oleh si cacing.

Ciri-ciri anak terkena cacing tambang:

  • Nyeri perut hilang timbul yang dapat membuat bayi menjadi sangat rewel
  • Diare
  • Mual
  • Demam
  • Anemia (anak terlihat pucat)
  • Tidak nafsu makan
  • Gatal pada area di mana larva masuk ke dalam kulit
  • Ditemukannya darah dalam feses jika ususnya mengalami infeksi akibat cacing

Baca juga: Hanya 5 Menit, Begini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Bayi Tanpa Obat

4. Infeksi cacing pita (Taenia sp.)

Umumnya, anak yang terinfeksi cacing pita tidak merasakan gejala apapun karena memang gejala yang ditimbulkan sulit untuk dideteksi. Namun, bagi anak yang menderita infeksi usus akibat cacing pita, bagian kepala cacing pita akan menempel pada dinding usus. Sementara bagian tubuhnya akan terus bertambah panjang dan memproduksi telur di dalam usus.

Ciri-ciri anak terkena cacing pita:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Nampak lemah dan lemas
  • Hilang nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Jika gejala infeksi cacing pita telah menyebar di bagian tubuh, maka kemungkinan akan menyebabkan kerusakan organ dan jaringan.

Baca juga: Hobi Minum Teh Kemasan dan Soft Drink, Bocah 11 Tahun ini Meninggal Kekurangan Air Putih

Bagimana cara mencegah cacingan pada anak?
Setelah mengetahui ciri cacingan pada anak, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah si kecil mengalami cacingan:

  1. Menanamkan kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar sebelum makan ataupun setelah melakukan aktitas
  2. Pastikan anak-anak Anda mengganti pakaian dalam mereka setiap hari
  3. Cuci seprai, selimut, dan boneka si kecil secara teratur minimal seminggu sekali
  4. Dorong anak Anda untuk bermain di daerah kering dan tidak bermain di genangan air berlumpur
  5. Pastikan sayuran dan daging Anda dimasak dengan matang sebelum Anda menyajikannya kepada si kecil
  6. Ajarkan anak untuk memilihara kebersihan kuku dan kebersihan area genital
  7. Selalu menjaga kebersihan rumah, lingkungan, bahkan mainan si kecil
  8. Jika si kecil memunculkan salah satu gejala yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar anak segera mendapatkan tindakan yang tepat.

Baca juga: Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sumber: wajibbaca

Leave a Reply