Kenalan dengan Daun Jarak Pagar, Tanaman Kecil Berjuta Manfaat

 

Bundacorner.com – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis tanaman. Ada tanaman hias, sayur-mayur, buah-buahan, hingga tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman obat-obatan populer di kalangan masyarakat karena sifatnya yang alami sehingga tidak membahayakan tubuh jika dikonsumsi jangka panjang, serta harganya yang murah meriah. Salah satu tanaman obat tersebut adalah daun jarak pagar.

Tanaman daun jarak pagar dikenal bisa menyembuhkan berbagai penyakit manusia. Bagian yang digunakan adalah daun, buah, dan bijinya. Kira-kira apa saja manfaat yang dimiliki oleh daun jarak pagar ini? Langsung saja simak jawabannya bersama Kania!

1. Daun jarak pagar untuk mengatasi susah BAB

Daun jarak pagar untuk mengatasi susah BAB

Jika kamu mengalami kesulitan untuk BAB alias buang air besar, daun jarak pagar ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasinya. Petiklah daun jarak pagar yang masih segar, cuci bersih, kemudian kukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak pagar tersebut sebagai lalapan saat makan nanti.

2. Daun jarak pagar untuk menurunkan panas bayi

Daun jarak pagar untuk menurunkan panas bayi

Anak bayi yang mengalami panas atau demam pasti akan meresahkan orang tuanya. Usianya yang masih kecil akan sangat rentang jika diberikan obat secara terus menerus. Oleh karena itu, jika bayi mengalami panas kamu bisa memanfaatkan daun jarak pagar sebagai obat alami.

Caranya adalah siapkan 2 hingga 3 helai daun jarak pagar yang sudah dicuci bersih. Kemudian oleskan minyak yang masih bersih. Setelah itu panaskan daun jarak pagar tadi di atas api selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Kemudian letakkan daun yang hangat tersebut di bagian perut dan punggung bayi. Agar daun jarak pagar tetap berada di tubuh bayi, kamu bisa memasangkannya pada bedong, selimut bayi, atau gurita bayi.

3.  Daun jarak pagar untuk menghilangkan kurap

Daun jarak pagar untuk menghilangkan kurap

Salah satu penyakit kulit yang umum dialami oleh manusia adalah kurap. Daun jarak pagar bisa digunakan untuk menghilangkan kurap karena minyak yang dikandung oleh tanaman ini memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencuci bersih daun jarak pagar terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut, misalnya dalam panci.

Jika sudah siap, minyak daun jarak pagar yang sudah dibuat tadi bisa kamu oleskan di bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Kemudian tutup bagian tersebut dengan kain katun atau handuk kecil. Biarkan selama semalaman. Lakukan cara ini secara rutin hingga kurap menghilang.

4. Daun jarak untuk mengobati rematik

Daun jarak untuk mengobati rematik

Penyakit rematik adalah penyakit yang mudah dijumpai oleh manusia. Penyakit ini muncul akibat otot atau persendian mengalami peradangan serta pembengkakan. Rematik bisa menyerang persendian tubuh bagian mana pun.

Rasanya akan sangat menyakitkan dan menghalangi kita untuk beraktivitas seperti biasa. Jika kamu tidak mau minum obat dokter dan bersedia untuk bersabar menunggu khasiat dari daun jarak pagar, cobalah buat ramuan berikut.

Pertama-tama ambillah 5 hingga 8 lembar daun jarak pagar lalu tumbuh hingga halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Setidaknya lakukan 3 kali sehari hingga rematik menjauh.

5. Daun jarak pagar untuk mengusir sariawan

Daun jarak pagar untuk mengusir sariawan

Jika sudah muncul sariawan, urusan makan dan berbicara di depan umum akan sangat terganggu. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengoleskan getah daun jarak pagar pada bagian yang terkena sariawan. Untuk mengeluarkan getah dari daun jarak pagar ini, kamu cukup meremas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Cukup gunakan sedikit saja.

Kalau kamu menemukan daun jarak pagar ini di dekat rumah atau bahkan memilikinya sendiri, yuk coba buktikan manfaatnya!

Leave a Reply