Kalau Tau Semudah Ini Bikin Cemilan Kentang Goreng, Gak Perlu Beli yang Kemasan, Anti Bahan Pengawet

 

Bundacorner.com – Hayoo siapa yang tak suka dengan kentang goreng ? pastinya semuanya suka. termasuk anak-anak kita.

Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.

Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips dan currywurst.

Baca juga: Ini Dia Cara Membuat Kuah Bakso yang Sedap dan Nikmat

Di Britania Raya dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip french fries disebut chips. Di Amerika Utara, istilah “chips” berarti keripik kentang (potato chips), sedangkan di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, “chips” bisa berarti kentang goreng atau keripik kentang.
Mau menikmati kentang goreng yang renyah yang bisa dibikin sendiri di rumah? Caranya ternyata nggak susah, kok. Bahkan cuma pakai bumbu garam saja kamu sudah bisa mendapatkan kentang goreng yang enak. Selengkapnya, yuk ikuti resepnya di sini.

Baca juga: Ini 11 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

Bahan-bahannya yakni :

2 buah kentang ukuran sedang
3 sdm maizena
secukupnya air matang
1 sendok garam

secukupnya es batu
secukupnya minyak untuk menggoreng

Baca juga: Disebutkan Dalam Al-Qur’an, Ini Keistimewaan Jahe Yang Tak Terduga

Langkah-Langkahnya :

Kupas kentang lalu cuci dan potong memanjang
Rendam ke dalam air tambahkan 1 sendok garam diamkan 20 menit
Ganti air dan rendam lagi masukkan es batu diamkan 20 menit boleh tambahkan garam lagi
Tiriskan kentang dan taburkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai tercampur rata
Setelah rata diamkan 15 menit

Panaskan wajan dan tuang minyak lalu goreng kentang hingga kecoklatan
Sajikan dengan saus sambal/tomat

Baca juga: Buang Jauh-jauh Kacamata, Hanya Dengan Daun ini Mata Minus Bisa Sembuh

Kentang goreng populer ke seluruh dunia berkat rumah makan siap saji seperti McDonald’s dan Burger King. Di awal tahun 1950-an, Jack Simplot yang memiliki perusahaan bernama J.R. Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan-potongan kentang yang sudah dikupas dan dibekukan. Sebelum perusahaan J.R. Simplot memasok bahan baku kentang goreng, kentang perlu dikupas dan dipotong-potong secara manual di semua cabang McDonald’s. Kentang beku produksi J.R. Simplot berhasil menyingkat waktu penyiapan makanan dan ikut mendorong ekspansi waralaba McDonald’s.

French fries berarti “kentang goreng ala Perancis.” Dalam bahasa Inggris, kata fry sebenarnya bisa berarti menggoreng dengan minyak sedikit (sauté) atau menggoreng di dalam minyak goreng yang banyak hingga terendam (deep frying). Sedangkan dalam bahasa Perancis, frire hanya berarti menggoreng di dalam minyak goreng yang banyak hingga terendam.

Baca juga: Begini Cara Memasak Mie Instan Agar Kandungan Lilin yang Merusak Otak Didalamnya Hilang

Pada awalnya kata kerja “to french” digunakan untuk memotong sesuatu dengan bentuk panjang-panjang seperti batang korek api yang disebut Julienne-cut.[1] Menurut kamus Oxford English Dictionary, istilah “to french” digunakan untuk daging yang dipotong-potong kecil, tetapi istilah ini baru digunakan setelah french fried potato dikenal banyak orang.

Selamat Mencoba Bun Semoga Berhasil, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply