Jika Anda Rutin Makan Sepotong Pepaya Tiap Hari, Rasakan 7 Manfaat ini Pada Tubuh

 

Bundacorner.com – Meskipun bukan buah asli Indonesia, pepaya yang berasa dari Meksiko dan Amerika Tengah ini sangat mudah kita jumpai. Buah ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang dapat kita tambahkan pada menu diet.

Tidak hanya itu, hanya dengan memakan satu potong pepaya setiap hari saja, 7 manfaat keshatan ini akan kita rasakan.

1. Suplai vitamin dan mineral penting

Pepaya adalah sumber penting vitamin dengan sifat antioksidan, seperti Vitamin A, C, dan E. Buah ini juga menyediakan vitamin B kompleks dan mineral penting seperti kalium, magnesium, dan tembaga. Nutrisi ini mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Kesehatan pencernaan terjaga

Satu potong pepaya dapat memenuhi seperempat dari asupan serat makanan harian kita yang diperlukan untuk menjaga tubuh berfungsi dalam kondisi prima.

Baca juga: Ampuh! Dokter Pun Tercengang , Jus Ini Bisa Mengobati Diabetes hanya Dalam 1 Bulan

Ketika kita menambahkan pepaya ke dalam diet, ini membantu detoksifikasi sistem pencernaan dan mempertahankan gerakan usus secara teratur.

3. Kurangi peradangan

Papain dan enzim lain yang dikenal sebagai chymopapain memiliki efek anti-radang dan mengurangi risiko Anda menderita penyakit kronis.

Sifat-sifat ini dapat melengkapi perawatan untuk masalah lain yang berkaitan dengan peradangan, seperti rheumatoid arthritis, edema, atau asam urat.

4. Sistem kekebalan tubuh terjaga

Vitamin A dan C, yang ditemukan dalam pada pepaya, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi.

Mengonsumsi pepaya secara teratur membuat tubuh terlindungi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan pilek, flu, dan penyakit pernapasan lainnya.

baca juga: Darah Tinggi Naik Gara-gara Utang Atau Fikiran? Cukup Makan Buah Penurun Darah Tinggi ini 5 Menit Minggat

5. Kesehatan visual terjaga

Beta-karoten, antioksidan yang ada dalam pepaya, melindungi penglihatan kita mencegahnya dari kondisi tertentu seperti degenerasi makula dan katarak.

Makan lebih dari sepotong pepaya akan meningkatkan kesehatan visual dan mengurangi risiko yang terkait efek radikal bebas.

6. Meredakan stres

Satu porsi kecil pepaya setiap hari tidak hanya menjamin kesehatan pencernaan, tetapi juga mengurangi kemungkinan menderita stress. Vitamin C di dalamnya memperlambat produksi kartisol dan meningatkan perasaan tenang.

7. Kulit awet muda

Senyawa aktif yang terkandung dalam pepaya telah digunakan secara komersial untuk pembuatan kosmetik, masker, serta produk rambut.

Baca juga: Benarkah Nasi Putih Bikin Risiko Diabetes Tipe 2 Meningkat? Berikut Penjelasannya

Vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat menghentikan kerusakan sel dan mencegah pembentukan keriput dini. Kedua vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen tubuh Anda dan menjaga kulit Anda terlihat kuat dan awet muda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply