Jangan Sepelekan Lidah Putih dan Terasa Pahit! Bisa Jadi Anda Terserang Penyakit Dalam

 

Bundacorner.com – Lidah, mungkin adalah salah satu anggota tubuh yang tidak terlalu diperhatikan perawatannya. Padahal, lidah merupakan bagian rongga mulut yang penting, yang harus diperhatikan kebersihannya dan kesehatanya. Lidah memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai indra pengecapan dan untuk membantu proses bicara.

Jika lidah diamati melalui mikroskop, pada permukaan lidah, Anda akan melihat papilla, bentuknya seperti rambut yang banyak, sehingga, sisa makanan yang telah Anda kunyah, bisa tertinggal diantaranya.

Itulah pentingnya menjaga kebersihan lidah, jika tidak, bisa menyebabkan bau mulut, atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan sebutan halitosis, karena terjadi proses pembusukan sisa makanan oleh bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Lidah juga bisa berfungsi sebagai indikator atau petunjuk kesehatan seseorang. Lidah yang tampak kotor dan permukaannya tertutupi semacam plak berwarna putih, menunjukkan kondisi tubuh Anda sedang kurang sehat. Penyebab umumnya adalah dehidrasi yaitu kurangnya asupan cairan tubuh sehingga rongga mulut terasa kering. Baca juga: Inilah Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Cepat, Mudah, Aman dan Alami

Contoh lainnya adalah, saat seseorang sedang mengalami penyakit thypus (demam tifoid), yang salah satu gejalanya adalah demam tinggi. Saat berada dalam kondisi tersebut, secara otomatis akan terjadi dehidrasi dan akan terlihat ‘coating’ pada lidah. Hal ini adalah wajar, sebagai bentuk mekanisme tubuh yang terjadi pada lidah.

Lidah yang tampak putih juga tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi hal ini mengindikasikan adanya penyakit mulut yang menyerang lidah.

Sebaiknya, jika Anda sudah merasakan gejala yang serius seperti lidah terasa perih, terbakar atau bahkan berdarah, lidah segeralah konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter gigi yang berkompetensi menangani masalah penyakit mulut (drg.SpPM).

Pada beberapa kasus, kemungkinan Anda bisa dirujuk ke dokter internis, jika terkait dengan penyakit dalam.

Baca juga: Inilah Kenapa Minum Kopi Bikin Sakit Perut

Berikut tips untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lidah:

1. Setelah sikat gigi (setelah sarapan dan sebelum tidur malam) sebaiknya juga menyikat lidah.
2. Menyikat lidah bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi atau sikat khusus lidah.
3. Sikat secara perlahan.

4. Gunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine. Hal ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan di dalam mulut.
Oleh drg. Nadya Fadiha. Berpraktik di RS Masmitra, VNV Mediesteti Klinik dan RS Gandaria. Baca juga: Wanita Wajib Baca, Inilah Cara Bedakan Gejala Nyeri Haidmu Normal atau Nyeri Karena Ada Penyakit

Semoga bermanfaat.

Sumber: Intisari

Leave a Reply