Jangan Membenci Seseorang Karena Apa Yang Telah Dilakukan Di Masalalunya, Sebab Dia Sudah Tidak Tinggal Di Masa Lalunya

 

Semua orang pasti pernah punya masa lalu, masa lalu yang kelam hingga membuat semua orang ingin melupakannya, sebab masa lalu itu terlalu buruk bagi orang lain. Namun jangan pernah selalu melihat seseorang dari masa lalunya.

Dan jangan pula engkau membenci seseorang dari kesalahan-kesalahan yang dilakukannya di masa lalu. Karena seburuk, buruknya seseorang termasuk diriku dan dirimu di masa lalu, aku masih mempunyai beribu-ribu kesempatan untuk memperbaiki diri hingga menjadi lebih baik atau setidaknya tidak seperti yang dahulu.

Baca juga: Jadi Istri Itu Jangan Cuma Pinter Nuntut, Tapi Juga Harus Pinter Ngatur Nafkah dari Suami, Setuju?

Jangan Membenci Seseorang Karena Apa Yang Telah Dilakukan Di Masalalunya, Sebab Dia Sudah Tidak Tinggal Di Masa Lalunya

Jangan membenci seseorang karena masa lalunya yang buruk, jika kini dia telah berubah bukankah sudah sepantasnya dia juga engkau maafkan lalu kau perlakukan dia sama seperti orang yang baik pada umumnya, yang akan kau sapa dengan senyuman, tidak takut untuk kau sapa dan yang lainnya.

Seseorang Pasti Mempunyai Masa Lalu Yang Buruk. Namun Ada Kalanya Hidayah Itu Datang

Jangan hakimi seseorang karena masa lalunya, sebab semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berubah menjadi lebih baik. Sebab setiap orang itu pasti diberi hidayah tergantung dari apakah seseorang itu meraihnya atau mengabaikannya. Dan kini hidayah itu telah datang padaku, aku ingin merubah diriku menjadi lebih baik.

Kenalilah Dia Sesudah Hijrahnya, Cintailah Dia Sesudah Hijrahnya Terimalah Dia Sebab Dia Suah Berubah

Baca juga: Suami Suka Tak Semangat Temani Istri Pergi atau Jalan-jalan? Padahal Itu Memperlancar Rezeki

Kenalilah setiap orang yang kau temui sebagaimana dia sekarang jangan melihat masa lalunya, jangan memperlakukan seseorang berdasarkan masa lalunya. Kenali dan cintailah seseorang yang baru itu sesudah hijrahnya, sesudah perubahannya. Sesudah dia berubah dari orang yang buruk menjadi orang yang baik.

Hijrah Butuh Proses. Hargailah Proses Hijrah Seseorang. Jangan Hanya Bisa Berkomentar Lantaran Masa Lalunya Yang Buruk

Baca juga: Tips Sederhana Agar Pertengkaran Kecil Dengan Pasangan Cepat Reda

Kau tau betapa sulitnya dia berubah menjadi lebih baik agar diterima banyak orang termasuk dirimu. Jangan menghakiminya dengan memojokkannya sebab masa lalunya terlalu buruk. Keinginannya mengubah hidupnya lebih baik agar diterima banyak orang ialah hal yang patut engkau hargai dan bahkan engkau dukung agar dia terus semangat untuk menjadi lebih baik.

Seburuk-Buruknya Orang Pasti Mempunyai Sisi Baik, Termasuk Seseorang Yang Mempunyai Masa Lalu Yang Kelam

Seburuk-buruknya seseorang dalam dirinya pasti mempunyai nilai dan sisi baik yang tidak boleh engkau remehkan. Karena kadang kebaikan orang yang buruk biasanya lebih tulus dari orang yang kelihatannya memang baik atau sudah dikenal baik.

Sahabat, jadi masa lalu biarlah berlalu, jangan pernah hakimi seseorang karena masa lalunya. Semoga terinspirasi dan bermanfaat

Sumber: Sepercikhikmah

Leave a Reply