Jangan Lupa Periksa, Ternyata Kondisi Kesehatan Anda Dapat Dilihat dari 10 Gejala Kerusakan Kuku Ini. Berikut Penjelasannya

 

Bundacorner.com – Meski kecil bentuknya, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan. Bahkan dari kuku Anda dapat mendeteksi kondisi kesehatan.

Berikut 10 gejala kuku yang dapat mendeteksi kondisi kesehatan Anda, dikutip dari skinnypoints-only.com.

1. Kuku Retak, Rapuh, atau Kering

Kerusakan kuku ini dapat disebabkan karena tinggal di daerah kering dan kurang lembab, terlalu banyak terpapar bahan kimia, terlalu sering menggunakan cairan penghapus cat kuku dan terlalu lama merendam tangan di air.

Keretakan atau pecahnya kuku Anda dapat disebabkan karena penyakit tiroid, infeksi jamur, dan kebanyakan hipotiroidisme. Selain itu, kerapuhan kuku juga terjadi karena kekurangan biotin, atau kekurangan vitamin C dan A. Baca juga: Tidur Peluk Guling Ternyata Punya 8 Dampak Positif, Siapa Nih yang Biasa Begini?

2. Kuku Kuning

Kuku menguning dapat terjadi karena kebiasaan merokok, penuaan atau penggunaan cat kuku terlalu sering, dan kuku pulsu. Jika kuku terlihat rapuh, kuning, dan tebal, 90% Anda terinfeksi jamur. Selain itu, kuku kuning juga dapat disebabkan karena penyakit pernapasan, diabetes, penyakit tiroid atau bahkan psoriasis.

3. Bintik Putih

Jika Anda sering stres, atau terus menerus mengalami trauma, sangat mungkin Anda akan menemukan bintik bintik putih pada kuku Anda.

Meski kondisi tersebut tidak terlalu serius, namun Anda perlu mempertimbangkan untuk pergi ke dokter. Bintik putih pada kuku dapat menandakan bahwa Anda terkena infeksi jamur. Baca juga: Ternyata Begini Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit

4. Clubbing

Clubbing adalah kondisi kuku yang tumbuh ke bawah, dan ujung jari nampak membesar. Hal ini dapat disebabkan karena pasokan oksigen yang rendah ke paru-paru dan di dalam darah Anda. Namun, gejala ini juga dapat disebabkan oleh penyakit jantung, ginjal, radang usus, bahkan AIDS.

5. Kuku Sendok

Jika Anda melihat ujung kuku Anda menjadi melengkung ke atas seperti sendok, ini adalah pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Namun, kondisi kuku seperti ini juga dapat disebabkan karena Anda menderita hipotiroidisme atau penyakit jantung. Baca juga: Inilah Manfaat dan Rahasia di Balik Gerakan Shalat

6. Horizontal Ridges

Menurut seorang dokter kulit di Cleveland Clinic di Ohio, John Anthony MD, “Ini kebanyakan terjadi, jika Anda banyak stres, atau Anda terus mengalami trauma, tetapi kadang-kadang gejala ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang lebih berbahaya dan serius, dan Anda dapat melihat bahwa gejalanya ada di lebih dari satu kuku.”

Kondisi kuku seperti ini dapat terjadi karena diabetes atau gangguan peredaran darah, kusta, keracunan arsenik, keracunan karbon monoksida, penyakit hodgin, dan malaria.

7. Dark Discolorations

Jika Anda melihat beberapa garis hitam di kuku, atau merasakan sakit saat kuku tumbuh, segeralah konsultasi dengan dokter. Hal ini mungkin terjadi karena melanoma atau kanker kulit. Baca juga; Wanita Wajib Baca, Inilah Cara Bedakan Gejala Nyeri Haidmu Normal atau Nyeri Karena Ada Penyakit

8. Vertical Redges

Kebanyakan gejala ini terjadi pada orang tua dan merupakan akibat dari penuaan.

Namun bagi individu yang lebih muda ini dapat berarti bahwa Anda mengalami kekurangan vitamin B12, magnesium, atau kekurangan nutrisi lainnya.

9. Kuku Putih dengan Garis Merah Muda

Jika kuku Anda memiliki strip merah muda dan berwarna putih, ini bisa jadi karena anda terkeda diabetes, gagal jantung, penyakit hati, atau ginjal.

Baca juga: Wow Ternyata Minum Jus Wortel Setiap Hari, dari Kolesterol Hingga Masalah ASI Segera Terselesaikan

10. Pitting

Pitting adalah kondisi dimana kuku Anda berlubang di beberapa bagian. Kondisi ini disebabkan dari gangguan jaringan ikat, atau alopecia areata yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Semoga bermanfaat.

Sumber: Intisari.grid

Leave a Reply