Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengonsumsi Pisang dan Alpukat Setiap Hari

 

Bundacorner.com – Buah dan sayuran sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral agar tubuh kita berfungsi dengan baik.

Untuk itu, kita harus membiasakan hidup kita dengan sayur dan buah, seperti pisang dan alpukat yang mengandung potasium dan magnesium. Dua buah ini dianggap memiliki manfaat yang tak terbatas bagi tubuh kita.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan bahwa pisang dan alpukat juga dapat mencegah risiko kesehatan yang serius, seperti dilansir dari Providr. Lalu, risiko penyakit apa saja yang dapat dicegah oleh kedua buah tersebut?

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia yang membuat kita tetap hidup dengan memompa darah ke seluruh tubuh. Tetapi, bila jantung kita terganggu, hal-hal menakutkan seperti serangan jantung bisa saja terjadi.

Baca juga: 5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

Dokter dan ilmuwan terus-menerus mencari cara untuk mencegah serangan jantung yang terjadi pada manusia. Sekarang, mereka percaya bahwa mengonsumsi pisang dan alpukat dapat membantu mencegah penyakit tersebut.

Penelitian yang dilakukan di University of Alabama dan ditemukan dalam jurnal JCI Insight mengungkapkan bahwa jika seseorang mengonsumsi setidaknya satu pisang atau alpukat setiap hari, mereka dapat melindungi diri mereka dari penyakit jantung.

Tim peneliti juga menemukan bahwa pisang dan alpukat juga dapat menurunkan risiko penyumbatan arteri yang sering membutuhkan operasi bypass besar.

Alasan di balik temuan tersebut adalah kalium yang ditemukan pada pisang dan alpukat sebenarnya mengurangi kalsifikasi pembuluh darah, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit ginjal dan penyakit kardiovaskular.

Untuk mengumpulkan temuan mereka, tim memberi tikus dengan makanan yang berbeda dengan kandungan kadar potasium rendah, normal dan tinggi.

Baca juga: Cukup Gunakan 3 Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Sariawan Dengan Mudah

Kemudian, mereka menemukan bahwa tikus yang menerima kadar potasium tertinggi memiliki arteri yang lebih lentur, sementara tikus yang diberi jumlah potasium lebih rendah memiliki arteri yang lebih keras.

Hal ini juga berlaku sama untuk manusia. Ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kadar kalium dan megnesium yang tinggi, jenis-jenis gejala (arteri lunak dan keras) diringankan, terutama kekakuan arteri. Arteri yang kaku dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kalsifikasi arteri adalah salah satu dari banyak masalah, banyak potassium dalam diet dapat membantu mencegahnya. Melindungi arteri dapat membantu mencegah kondisi serius seperti penyakit jantung, stroke, sindrom metabolik, penyakit ginjal kronis dan hipertensi.

Pisang mampu menyeimbangkan kadar gula karena pisang tidak menaikkan indeks glikemik pada tubuh. Pisang juga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah dan menurunkan risiko batu ginjal karena jumlah kalium pisang yang tinggi.

Baca juga: Ternyata yang Paling Berbahaya Dari Mi Instan Bukan Bumbunya Melainkan “Benda Ini”!

Sedang alpukat memberi banyak nutrisi positif bagi tubuh, terutama jantung dan arteri. Alpukat mengandung serat, vitamin C, vitamin K dan folat yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply