Inilah Kenapa Minum Kopi Bikin Sakit Perut

 

Bundacorner.com – Betapa banyak pecinta kopi di dunia ini, hingga ada Ahli Kopi. Di balik kepopulerannya, minuman kopi malah membuat sakit perut bagi sebagian orang. Tahukah kenapa?

Kopi memiliki kesedapan bagi beberapa orang. Namun, kopi juga punya efek samping yang dapat mengganggu pencernaan, seperti perut kembung, nyeri ulu hati dan muntah. Baca juga: Ini Akibatnya Jika Minum Obat Tanpa Minum Air

Ini kenapa bisa bikin sakit perut
Sakit perut setelah minum kopi dapat terjadi karena beberapa hal. Namun, salah satu mekanisme utama mengapa minum kopi menyebabkan sakit perut adalah pada adanya nyeri ulu hati, hal tersebut karena adanya kelemahan sfingter esofagus bawah.

Penjelasannya begini, minum kopi dapat menyebabkan penurunan tonus sfingter esofagus, yang sebenarnya berfungsi agar asam lambung tidak naik ke esofagus.

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Inilah Manfaat Beras Kencur Sebagai Penurun Berat Badan

Dalam keadaan normal, lambung akan memproduksi asam lambung yang akan berada di dalam lambung dan tidak dapat naik ke esofagus. Salah satu mekanisme pencegahannya adalah melalui kekuatan tonus sifngter esofagus.

Ketika seseorang makan, asupan yang masuk ke lambung akan menyebabkan terbukanya sfingter. Akan tetapi, jika sfingter esofagus ini tidak bekerja dengan baik, asam lambung pun dapat naik ke esofagus dan memicu iritasi esofagus. Hal inilah yang akan menyebabkan keluhan seperti nyeri perut, mual, dan muntah.

Baca juga: Mitos dan Fakta Kesuburan! Benarkah Haid Tak Teratur Sebabkan Sulit Hamil?

Itulah ulasan kenapa minum kopi bagi sebagian orang membuat sakit perut, Jangan dipaksakan minum kopi yaaa. kalau perutmu sakit. Semoga bermanfaat

sumber : klikdokter

Leave a Reply