Inilah 9 Manfaat Daun Kelor dalam Mengatasi Masalah Kesehatan

 

Bundacorner.com – Pernahkah Anda mengonsumsi daun kelor? Tumbuhan dari suku Moringaceae ini sejak dulu menjadi primadona untuk santapan sayur di rumah.

Tumbuhan ini memiliki ketinggian pohon 711 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai.

Namun kini daun kelor seperti terlupakan seiring banyaknya ragam makanan. Padahal, daun kelor mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa bagian dari tanaman ini biasanya dimanfaatkan oleh manusia dan dijadikan sebagai bahan makanan. Di beberapa daerah di Indonesia, polong mudanya sering dimakan, sedangkan daun kelornya sering dimanfaatkan dengan berbagai macam keperluan.

Dari berbagai analisa kandungan nutrisi diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang luar biasa dalam melengkapi kebutuhan NUTRISI tubuh. Secara umum, daun kelor dapat dikonsumsi sebab mengandung gizi dan protein yang tinggi. Baca juga: Inilah Larangan Saat Haid yang Wajib Anda Hindari Berdasarkan Al-Qur’an

Berikut ini kami sajikan informasi terkait manfaat daun kelor untuk KESEHATAN.

Membantu Mencegah Kanker

Kelor telah lama diakui secara tradisional sebagai salah satu obat alami kanker dan tumor. Selain manfaat kelor untuk kanker, daun kelor juga dikenal oleh masyarakat untuk mengatasi rematik, asam urat, artritis.

Mengatasi Nyeri, Letih dan Linu

Daun kelor mengandung pterigospermin yang mampu merangsang kulit. Rangsangan yang diberikan seperti param yang mampu menghangatkan. Jika daun kelor dilumat/dihaluskan kemudian dibalurkan pada bagian tubuh, maka akan mengurangi rasa nyeri karena sifatnya sebagai analgesik.

Baca juga: Kenapa Saat Kedinginan Kita Cenderung Sering Buang Air Kecil? Ini Penjelasannya

Dalam mengatasi pegal linu, reumatik ataupun nyeri, silahkan mengambil 3 gagang daun kelor dan kapur sirih setengah sendok makan.

Caranya, daun kelor dan kapur sirih dihaluskan kemudian dioleskan pada bagian yang tubuh yang sakit.

Anti Inflamasi

Kandungan kelor diantaranya adalah kalsium dan pospor. Selain itu memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Dibeberapa negara asing, daun kelor diistilahkan sebagai “miracle tree” ataupun pohon kehidupan “Tree for Life”. Dari penelitian yang ada, daun kelor mampu menghambat aktivitas NFKB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

Meningkatkan Imunitas

Imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit dan perubahan cuaca sangat penting untuk dijaga. Orang yang punya imunitas tubuh rendah akan gampang terkena penyakit. Nah, kabar baiknya bahwa manfaat daun kelor untuk kesehatan memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk imunitas dan kesehatan kulit. Baca juga: Inilah Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Cepat, Mudah, Aman dan Alami

Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor EMPAT kali lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Kandungan vitamin C tujuh kali lebih TINGGI dibandingkan dengan jeruk. Dengan kandungan ini, maka daun kelor dapat menangkal radikal bebas.

Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Tahu tidak bahwa kalsium tidak hanya terkandung di dalam susu, nyatanya bahwa daun kelor juga memiliki kandungan kalsium yang berguna dalam MEMELIHARA kesehatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporisis.

Bukan itu saja, kalsium juga bermanfaat dalam mengaktifkan beberapa enzim dan hormon dalam mengatur proses pencernaan dan metabolisme lemak dalam tubuh. Baca juga: Mitos dan Fakta Kesuburan! Benarkah Haid Tak Teratur Sebabkan Sulit Hamil?

Mencegah ANEMIA

Daun kelor juga mengandung zat besi. Di dalam tubuh, zat besi digunakan untuk proses pembentukan darah. Olehnya, daun kelor bermanfaat dalam mencegah anemia yakni berkurangnya kadar hemoglobin dalam darah.

Sebagai sebuah gambarab mengenai kandungan nutrisi pada daun kelor, berikut disajikan dalam tabel yang kami ambil dalam buku Cegah Malanutrisi dengan Kelor penerbit Kanisius tahun 2008.

                                                              Tabel

Kandungan Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral Daun Kelor (tiap 100 g daun)

Mencegah Berat Badan Lahir Rendah

Bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisi selama mengandung sangat penting. Bukan hanya untuk kesehatan calon ibu, namun juga untuk kesehatan bayi dalam kandungan.

Ibu hamil kadangkala mengalami kekurangan zat besi. Jika hal ini terus berlanjut maka akan terancam mengalami berat badan lahir rendah. Sebagai salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi daun kelor yang kaya zat besi.

Zat besi pada daun kelor tak kalah dengan suplemen besi folat. Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Inilah Manfaat Beras Kencur Sebagai Penurun Berat Badan

Sakit Kuning

Daun kelor dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit kuning. Bahan yang dibutuhkan diantaranya; 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau.

Cara pembuatan bahan pengobatan ini dengan menumbuk halus daun kelor, kemudian diberi 1 gelas air kelapa. Setelah itu disaring dan ditambah 1 sendok makan madu.

Ramuan ini kemudian diminum dan dilakukan rutin sampai sembuh.

Rabun Ayam

Bagi yang memiliki penyakit rabun ayam, ramuan daun kelor bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengobatinya. Bahan yang digunakan hanya 3 gagang daun kelor dan 1 sendok makan madu. Baca juga: Ini Akibatnya Jika Minum Obat Tanpa Minum Air

Ramuan dibuat dengan cara daun kelor ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan 1 cangkir air masak kemudian disaring. Ramuan ini kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata.

Untuk mendapatkan hasil yang maximal ramuan ini hendaknya diminum sebelum tidur. Demikianlah, semoga bermanfaat

sumber : bicarawanita.xyz

Leave a Reply