Inilah 7 Tips Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Agar Tak Mual Lagi

 

Bundacorner.com – Mau mudik ya guys, Perjalanan jauh yang kamu tempuh saat mudik bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Agar perjalanan mudikmu tetap nyaman tanpa gangguan, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan beragam cara mencegah mabuk di perjalanan mudik.

Apabila kamu rentan terhadap mabuk perjalanan, kamu bisa mempersiapkan diri dengan menghindari tempat duduk yang membuatmu merasa tidak nyaman, menghindari konsumsi makanan tertentu, atau menyiapkan obat untuk mabuk perjalanan. Baca juga: Penyakit itu 90% Berasal Dari Pikiran, 10%-nya Dari Pola Makan. Gak Percaya? Ini Buktinya

Apa yang Menyebabkan Mabuk Perjalanan?

Otak mendeteksi pergerakan tubuh melalui sensor pada mata, telinga bagian dalam, serta jaringan permukaan tubuh. Sensor-sensor ini bekerja dengan cara menyampaikan informasi kepada otak bahwa kamu sedang bergerak.

Saat berjalan kaki di luar ruangan, tubuhmu merasakan pergerakan, mata melihat perubahan objek selama kamu bergerak, dan seluruh permukaan tubuh serta pengatur keseimbangan di dalam telingamu dapat mendeteksi hal ini.
Namun ketika berada di dalam kendaraan, otak menerima sinyal-sinyal yang bertentangan. Tubuh dapat merasakan pergerakan, telinga bagian dalam mendeteksi guncangan ke atas dan ke bawah, tetapi mata yang terpaku pada objek statis di dalam kendaraan tidak merasakan adanya perubahan.

Semua informasi yang sampai ke otak menjadi bertentangan. Akibatnya, otak mengalami mekanisme tertentu yang membuatmu mual, bahkan muntah. Kondisi inilah yang disebut mabuk perjalanan. Baca juga: Inilah Kenapa Minum Kopi Bikin Sakit Perut

Bagaimana Cara Mencegah Mabuk di Perjalanan Mudik?

Bagi kebanyakan orang, mabuk perjalanan tidak akan berlangsung lama. Begitu kamu telah terbiasa dengan situasi di dalam kendaraan, gejala mabuk perjalanan akan berangsur hilang.

Tetapi jika mabuk perjalanan yang kamu rasakan amat mengganggu, Dikutip dari dokterbabe kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut:

1. Hindari jenis makanan dan minuman tertentu

Sebelum melakukan perjalanan, hindari mengonsumsi makanan porsi besar, makanan tinggi lemak, makanan pedas, minuman berkafein, dan merokok. Kamu justru disarankan untuk minum lebih banyak air dan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil agar beban kerja lambung berkurang. Baca juga: Ini Akibatnya Jika Minum Obat Tanpa Minum Air

2. Hindari aktivitas yang memicu mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi akibat sinyal yang bertentangan antara tubuh yang bergerak dan mata yang melihat objek statis. Karena itu, hindari aktivitas yang membuat matamu terfokus pada satu titik seperti membaca, menonton film, memainkan ponsel, dan sebagainya.

3. Buka jalur udara

Bukalah jalur udara lewat jendela atau ventilasi. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan udara segar dengan sirkulasi yang baik. Kamu juga perlu menghindari sumber bau atau wewangian yang kuat karena dapat memicu reaksi mual dan muntah. Baca juga: Hati-Hati, Keripik Singkong Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

4. Bernapas dengan rileks

Saat mengalami mabuk perjalanan, cobalah tarik napas dalam dan embuskan perlahan. Napas yang cepat terkadang dapat memperparah gejala mabuk kendaraan. Cobalah mempertahankan ritme napas agar tetap teratur. Jika tidak diperlukan, jangan bicara kepada orang lain agar kamu bisa tetap fokus mengatur napas.

 5. Ubah posisi
Selama perjalanan, sandarkan kepalamu pada jok dan duduklah dengan rileks. Saat merasakan gejala mabuk perjalanan, cobalah berbaring jika terdapat ruang yang memungkinkan kamu untuk melakukannya. Kamu juga bisa memejamkan mata hingga mabuk perjalanan hilang.

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Daun Kelor dalam Mengatasi Masalah Kesehatan

6. Cari posisi duduk terbaik

Pada jenis kendaraan apa pun yang kamu gunakan, carilah posisi duduk terbaik yang bisa menghindarkan kamu dari mabuk perjalanan. Kamu dapat mengikuti trik berikut:

  • Jika menggunakan mobil pribadi, duduklah di kursi penumpang bagian depan
  • Jika menggunakan kereta atau bus, duduklah di dekat jendela dengan arah kereta menghadap ke depan
  • Jika menggunakan kapal laut, carilah kabin di bagian depan atau tengah-tengah kapal
  • Jika menggunakan pesawat, duduklah di dekat jendela pada bagian depan sayap

7. Konsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi mual

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat membantu kamu mengurangi gejala mual pada mabuk perjalanan. Cobalah mengonsumsi salah satu di antara makanan dan minuman berikut:

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Inilah Manfaat Beras Kencur Sebagai Penurun Berat Badan

  • Jahe mentah
  • Permen mint
  • Biskuit kering
  • Permen jahe
  • Teh

Selain dengan tips di atas, cara mencegah mabuk di perjalanan mudik bisa dilakukan dengan menghentikan kendaraan sejenak. Kamu bisa keluar dari mobil untuk berjalan dan menghirup udara segar hingga gejala mabuk perjalanan hilang.

Tetapi jika kamu menggunakan transportasi seperti pesawat, kereta, dan kapal laut yang tidak memungkinkan hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan yang umum digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Obat-obatan ini biasanya memberikan efek mengantuk sehingga kamu akan tertidur sepanjang perjalanan mudik.

Nah sahabat pemudik, Demikianlah tips yang dapat kami sampaikan. semoga perjalanan anda menyenangkan saat mudik.

sumber : Diah Ayu Lestari Via dokterbabe

Leave a Reply