Inilah 14 Ciri Orang Tua yang Rezekinya Susah

 

Bundacorner.com – Beruntung karena belum dikaruniai anak dari Allah meski telah berupaya sedemikian rupa.

8. Melakukan kekerasan pada anak.

Orang tua yang suka melakukan kekerasan baik kekerasan verbal maupun kekerasan fisik masuk dalam kategori ini. Kekerasan verbal maksudnya suka memaki, mengata-ngatai anak, mengomeli yang membuat anak sakit hatinya, sementara kekerasan fisik yaitu dengan sengaja memukul, menyakiti badan anak sehingga menimbulkan bekas atau luka di badannya.

Satu lagi yang perlu dimasukkan di sini adalah kekerasan seksual termasuk pelecehan maupun perk*saan yang dilakukan orangtua terhadap anaknya, baik anak kandung, anak tiri maupun anak angkat. Baca juga: Kalau Tahu Manfaatnya, Pasti Suami Sering Mencium Tangan dan Kening Seorang Istri

9. Mencoret anak dari daftar ahli waris dengan sengaja.

Dalam agama setiap anak memperoleh bagian yang ditetapkan dari harta orangtua yang ditinggalkannya. Tidak boleh orangtua dengan semena-mena menghilangkan hak waris anak, ini juga salah satu tindakan yang tidak adil dari orangtua terhadap anak.

10. Membiarkan anak melakukan keburukan.

Tugas orang tua adalah mendidik anak-anaknya agar mereka bisa berjalan lurus dan tetap dalam koridor. Jika anak ternyata melakukan keburukan adalah tugas orangtua untuk meluruskannya kembali. Jika anak kecanduan narkotika orangtua bisa mengikutkannya rehabilitasi / terapi. Baca juga: Ingin Doa Terkabul? Inilah 14 Waktu Terbaik untuk Berdoa, No. 8 Jarang yang Tahu!

Begitupun jika terlibat kejahatan seperti begal motor, perampokan, perk*saan, orang tua tidak boleh membiarkan anak terus berada di jalan yang salah.

11. Memberikan beban di luar kemampuan anak.

Orangtua tidak boleh memberikan tugas dan tanggung jawab yang berat di luar kemampuan anak. Menyuruh anak mencari nafkah di jalanan sementara orangtua enak-enakan tidur di rumah adalah tindakan tercela.

12. Memberikan nama yang buruk pada anak.

Adalah kewajiban orangtua untuk memberi nama yang baik pada anak. Nama adalah doa. Memberi nama anak yang buruk berarti mendoakan keburukannya, sebagus apapun nama itu kedengarannya. Baca juga: Inilah 4 Alasan Banyak Orang Tidak Mengerjakan Tahajud

13. Membiarkan anak diasuh orang non muslim.

Hal ini bahaya karena bisa menjadi murtad dan belajar agama yang lain di luar islam.

14. Melahirkan anak di luar nikah.

Pernikahan adalah salah satu pintu halal untuk melakukan hubungan seksual. Jika hubungan dilakukan di luar pernikahan dan menghasilkan anak, anak itu tetap suci dan bukan anak haram. Yang haram adalah perilaku orang tuanya yang berzina. Zina itu penjauh rezeki. Baca juga: Ini 20 Dosa Istri Terhadap Suami yang Menjerumuskan Istri Ke Neraka

Semoga kita tidak termasuk orang tua yang susah rezekinya karena mengasuh, mendidik dan memperlakukan anak kita dengan salah. Anak adalah rezeki, titipan, amanat Allah yang harus kita perlakukan sebaik-baiknya, karena kelak di akhirat kita akan ditanya tentang hal itu. Wallahu alam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply