Hati-Hati, Keripik Singkong Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

 

Bundacorner.com – Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebgai bumbu balado. [wikipedia]

Keripik Singkong, singkong kukus, singkong keju atau olahan singkong lain selain memang sedap rasanya, pun begitu dengan sensasi mengenyangkan.

Dari sekian banyak jenis, selain sama bahan bakunya, keripik singkong adalah yang paling disoroti. Yakni, karena dapat berbahaya jika salah dalam pengolahannya.

Baca juga: Banyaknya Manfaat Pepaya Untuk Bayi dan Balita

Singkong mengandung sebuah zat karsinogen yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan kita. Hal tersebut membuat pengolahan singkong yang salah justru akan menjadikan singkong sebagai sumber racun untuk tubuh kita.

Karsinogen itu akan berubah menjadi racun saat dipanaskan, oleh karena hal tersebut keripik singkong menjadi salah satu makanan yang mengandung karsinogen cukup tinggi.

Rasa gurih dan renyah dari keripik singkong menjadi salah satu pemikat camilan satu ini, tapi perlu diingat, bahwa untuk menambahkan cita rasanya, keripik singkong dicampur dengan taburan garam dalam jumlah yang tidak sedikit.

Baca juga: Wow Inilah 7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak

Hal ini menjadikan keripik singkong memiliki kandungan garam yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus menerus, ditambah dengan kandungan karsinogen tadi. Jadi hati-hati saja, dan mungkin jangan terlalu sering juga mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat dan menjadi pengingat agar lebih hati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu.

Sumber : inspiradata

Leave a Reply