Hati-Hati! Jangan Ngomong ini ke Ibu Melahirkan Cesar

Hi, Moms! Siapa yang sepakat kalau melahirkan itu proses yang nggak mudah, bahkan dengan operasi caesar sekalipun?

Ternyata, ada lho hal-hal yang sensitif banget kalo diomongin ke ibu yang baru saja melahirkan dengan operasi Caesar, Moms! Berikut diantaranya.

1. “Kamu sih enak, lahirannya pakai operasi caesar!”

2. “Emang perlu banget ya, lahirannya dengan operasi caesar?”

3. “Katanya sih, kalau lahirannya caesar belum ngerasain jadi ibu seutuhnya”

4. “Saya sih lebih suka melahirkan normal, lebih natural aja!”

5. “Yah, sayang ya akhirnya caesar! Seandainya waktu itu kamu pakai bidan aja/ nggak pakai epidural/ nggak kelamaan bukaan/ dll”

6. “Yah, kenapa caesar? Penyembuhan jadi lama, dong!”

Meski sebenarnya kita kepingin menunjukkan rasa empati, kata-kata itu bisa berasa “jleb-jleb” di hati para ibu yang melahirkan dengan caesar Moms.

Intinya, kita harus sadar bahwa keputusan melahirkan dengan operasi caesar maupun normal, semua membutuhkan perjuangan yang tak mudah.

Selain itu, walaupun ibu melahirkan normal maupun dengan operasi, ibu tetaplah ibu.
Setuju kan Moms!

(sumber : cafemom)

Leave a Reply