Hati- hati Akibat Makan Jamur Hitam, Sekeluarga Masuk Rumah Sakit

 

Bundacorner.com – Pengolahan yang salah, akan timbulkan penyakit yang berbahaya. Makanan adalah penyuplai utama pada diri kita. Namun demikian, cara pengolahan yang salah justru malah timbulkan penyakit yang berbahaya. Seperti yang dialami keluarga ini, simak kisahnya..

Sebagai akibat dari makan makanan yang disiapkan dengan tidak benar, seorang gadis kecil berusia tujuh tahun dari Hangzhou, Zhejiang di Tiongkok menderita kegagalan organ ganda.

Mengutip tribunstyle.com, menurut Apple Daily, gadis kecil itu, yang dikenal sebagai Wenwen, telah memakan sejenis jamur hitam dingin (juga dikenal sebagai jamur kuping hitam) pada 27 Juli bersama ibunya dan saudara laki-lakinya.

Baca juga: Disebutkan Dalam Al-Qur’an, Ini Keistimewaan Jahe Yang Tak Terduga

Jamur hitam telah direndam dalam air di balkon selama dua hari dua malam sebagai persiapan untuk salad dingin. Keluarga itu memakan hidangan jamur hitam dan Wenwen memakannya lebih banyak karena itu adalah kesukaannya.

Adik laki-lakinya tidak begitu menyukainya sehingga dia hampir tidak makan, hanya beberapa suap. Namun, keesokan harinya, seluruh keluarga tiba-tiba mengalami sakit perut, muntah, mual, dan pusing.

Mereka dikirim ke rumah sakit untuk perawatan di mana para dokter menduga bahwa mereka menderita keracunan makanan yang parah.

Dari ketiganya, Wenwen menunjukkan gejala yang paling parah ketika livernya mulai gagal dan organ lain mulai menunjukkan tingkat kerusakan yang berbeda.

Dia dengan cepat dipindahkan ke unit perawatan intensif di mana para dokter mencoba mengobatinya.

Ditemukan bahwa darahnya menunjukkan adanya racun dan mereka harus melakukan transfusi darah untuknya empat kali dari 31 Juli hingga 8 Agustus untuk mencoba menyelamatkan nyawa gadis kecil itu.

Baca juga: Lebih Bagus Minum Air Rebusan atau Galon? Ini Penjelasannya

Ternyata, para dokter menemukan bahwa ada asam bongkrek yang disebabkan oleh produksi bakteri Pseudomonas aeruginosa pada jamur hitam. Karena ibu dan anak tidak makan sebanyak Wenwen, mereka tidak terlalu dalam bahaya.

Saat ini, para dokter mengatakan bahwa meskipun mereka mencoba memperlakukannya sebaik mungkin, peluangnya tidak terlihat baik karena kegagalan organ multipelnya.

Ye Sheng, wakil direktur Unit Perawatan Intensif Anak-anak Rumah Sakit Anak-anak Universitas Zhejiang menjelaskan bahwa penyebab keracunan itu kemungkinan besar karena jamur hitam telah direndam terlalu lama, ditambah itu ditempatkan di lingkungan yang terbuka.

Baca juga: Ini 11 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

Suhu yang hangat dan lembab memungkinkan produksi Pseudomonas aeruginosa pada jamur hitam yang meracuni Wenwen dan keluarganya.

Jika Anda khawatir tentang memakan jamur hitam sekarang, Ye mengatakan bahwa jika Anda menyiapkannya dengan baik, itu benar-benar aman untuk dimakan.

Dia menjelaskan bahwa seseorang tidak boleh merendam jamur hitam kering selama lebih dari dua hingga tiga jam di lemari es dan jika Anda membeli yang baru, pastikan bahwa itu tidak lengket, bau, atau berlendir.

Baca juga: Begini Cara Memasak Mie Instan Agar Kandungan Lilin yang Merusak Otak Didalamnya Hilang

Sumber: Wajibbaca

Leave a Reply