Ciri Ciri Hamil Kembar Usia 6 Minggu Yang Dapat Diketahui

 

Bundacorner.com – Mendapatkan kehamilan merupakan sebuah berkah dan rejeki yang tidak ternilai harganya bagi pasangan suami istri terutama yang memang sudah sejak lama menginginkannya. Usaha dan upaya keras yang dilakukan untuk mendapatkan kehamilan menjadikan seorang ibu hamil pastinya akan senantiasa berupaya demi menjaga kondisi kehamilan dalam keadaan yang sehat dan perkembangan janin di dalam kandungannya dapat berlangsung secara normal tanpa adanya gejala gangguan kehamilan yang memabahayakan.

Memperoleh kehamilan tunggal saja sudah menjadi sebauh anugerah tersendiri bagi ibu hamil apalagi jika janin yang berada di dalam kandungannya tersebut dalam kondisi kembar, pastinya akan lebih membuat seorang ibu merasakan kebahagiaan yang mendalam. Dalam kebahagiaan yang dirasakan oleh ibu hamil tentu kehamilan kembar membutuhkan usaha keras lebih dibandingkan kehamilan tunggal dalam menjaga dan merawat kondisi kehamilannya dan biasanya proses kehamilan kembar tidak dapat langsung terlihat di awal kehamilan.

Mengingat kehamilan kembar tidak dapat langsung terlihat pada awal awal kehamilan dan membutuhkan pemeriksaan mendalam dengan dokter kandungan, terkadang pada usia kehamilan 6 minggu akan muncul beberapa ciri yang menyatakan seorang ibu hamil akan mendapatkan kebahagiaan berlebih dengan kehamilan kembarnya. Berikut ini beberapa ciri ciri hamil kembar usia 6 minggu yang dapat menjadi awal diagnosis bahwa ada dua janin yang berkembang di dalam kandungan atau rahim ibu hamil melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Adanya dua kantung kehamilan

Pada perkembangan kehamilan usia 6 minggu, kantung rahim sebagai tempat janin berkembang dan terlindungi akan mulai terbentuk. Salah satu ciri ciri hamil kembar usia 6 minggu yang dapat diketahui secara pasti adalah munculnya dua kantung kehamilan yang menunjukan ada dua janin di dalam kandungan tersebut sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan selama masa kehamilan. Salah satu cara mengetahui janin kembar dan adanya dua kantung hamil tersebut adalah dengan proses pemeriksaan medis melalui ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan nama USG bersama dokter kandungan.

  1. Kadar hormon HCG yang cukup tinggi

Peningkatan hormon HCG di dalam tubuh merupakan salah satu ciri ciri orang hamil yang memang akan terjadi terutama pada awal awal proses kehamilan. Kondisi peningkatan kadar HCG tersebut akan lebih tinggi ketika terjadi kehamilan kembar karena adanya dua janin yang berkembang di dalam kandungan ibu hamil. Tingginya peningkatan kadar HCG ini tidak dapat terdeteksi oleh alat test pack melainkan melewati pemeriksaan laboratorium.

  1. Detak jantung yang multiple

Pada usia kehamilan 6 bulan, kondisi jantung bayu mulai dapat dirasakan dengan alat khusus yang disebut sebagai droppler ultrasound. Salah satu ciri ciri hamil kembar usia 6 minggu tersebut adalah munculnya dua detak jantung yang multiple. Detak jantung yang multiple tersebut dapat dirasakan dalam proses pemeriksaan medis dengan tenaga kesehatan yang ada.

  1. Morning sickness yang berlebihan

Kondisi kehamilan kembar tentu akan menyebabkan ibu hamil mengalami gejala awak kehamilan yang lebih kuat dan parah dibandingkan kehamilan normal. Salah satu bentuk pertanda kehamilan yang lebih kuat tersebut adalah morning sickness. Pada ibu hamil kembar kondisi morning sicknees akan terjadi sangat berlebihan dan cukup parah. Keadaan morning sickness yang parah dapat menimbulkan banyak kerugian seperti tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada retail, dan lain sebagainya.

  1. Peningkatan berat badan yang signifikan

Selama masa kehamilan tentu kondisi fisik ibu hamil juga akan mengalami perubahan yang salah satunya kondisi peningkatan berat badan. Peningkatan berat badan yang terjadi pada ibu hamil tersebut dikarenakan adanya pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan ibu hamil kembar serta meningkatnya nafsu makan selama masa kehamilan.

  1. Gusi yang mudah berdarah

Kondisi lain yang juga dapat menjadi ciri ciri hamil kembar usia 6 minggu adalah munculnya pendarahan pada gusi dan terkadang juga pada lubang hidung. Kondisi gusi yang mudah berdarah tersebut dikarenakan adanya pelebaran pembuluh darah halus di hidung dan mulut ibu hamil. Kondisi pelebaran pembuluh darah tersebut akan menyebabkan beberapa kondisi seperti hidung tersumbat, mimisan, gusi berdarah, dan lain sebagainya.

  1. Tanda kehamilan yang lebih parah

Usia kehamilan 6 minggu tentu akan terjadi beberapa gejala kehamilan yang muncul secara normal akibat adanya proses kehamilan di dalam rahim. Selain morning sickness, beberapa tanda kehamilan lainya juga akan mengalami kondisi yang lebih parah akibat adanya dua janin atau lebih dalam satu kehamilan. Kondisi gejala kehamilan yang lebih parah tersebut diantaranya seperti nyeri punggung yang lebih hebat, kondisi yang sangat tidak nyaman pada perut, payudara yang lebih lembut dan kenyal, nafsu makan sangat meningkat, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri ciri hamil kembar usia 6 minggu yang perlu dipahami oleh setiap wanita. Kondisi kehamilan kembar akan menunjukan beberapa ciri yang berbeda dengan kehamilan normal pada umumnya dan untuk memastikannya perlu diagnosis dari dokter kandungan maupun tenaga kesehatan lain.

Sumber: hamil.co.id

Leave a Reply