Ciri Ciri Bayi Masuk Angin Paling Jelas

 

Bundacorner.com – Masuk angin adalah keluhan yang biasanya banyak dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Tapi ternyata masuk angin juga bisa terjadi pada bayi. Hanya saja bayi belum bisa bicara sehingga mereka hanya rewel. Berbagai gejala masuk angin pada anak juga bisa terjadi pada bayi. Masuk angin bisa diartikan ketika tubuh bayi sakit akibat gejala awal penyakit tertentu misalnya sebelum flu atau pilek. Agar bisa merawat bayi yang masuk angin dengan tepat maka Anda juga harus tahu apa saja ciri ciri bayi masuk angin paling jelas, seperti dibawah ini.

  1. Perut kembung

Perut kembung pada bayi bisa menjadi tanda ketika bayi Anda masuk angin. Biasanya perut kembung terlihat dengan ukuran perut yang lebih besar. Saat ditekan sedikit keras dan bayi akan menangis. Perut kembung juga seperti ketika tubuh bayi mendapatkan terlalu banyak gas. Gas ini bisa berasal dari makanan ibu menyusui, cara menyusui yang tidak benar, alergi susu formula atau alergi ASI dan penyebab lain. Jika perut kembung tidak dirawat dengan baik maka bisa membuat perut bayi Anda tidak nyaman dan bayi tidak mau makan atau minum dengan benar.

  1. Muntah

Masuk angin pada bayi juga sering ditandai dengan bayi muntah. Selain itu memang masuk angin menjadi penyebab bayi muntah setelah makan. Biasanya ini karena masuk angin menyebabkan perut bayi menjadi tidak nyaman. Bayi menjadi tidak bisa mencerna makanan sehingga akan langsung muntah. Ini juga ditandai dengan bayi langsung muntah setelah minum ASI atau susu formula.

  1. Batuk

Batuk bisa menjadi hal yang biasa untuk bayi. Tapi jika batuk terus menerus maka bisa menyebabkan bahaya batuk untuk bayi. Sebenarnya batuk pada bayi bisa terjadi ketika bayi masuk angin. Awal dari masuk angin ini biasanya akan berkembang menjadi batuk pilek atau flu pada bayi. Batuk pada bayi sering menyebabkan bayi tidak tidur dengan nyaman sehingga bayi menjadi rewel.

  1. Rewel

Sama seperti orang dewasa maka bayi yang sakit bisa merasa tidak nyaman. Bayi hanya bisa menangis dan sangat sulit untuk diasuh. Masuk angin menjadi menjadi salah satu penyebab bayi rewel. Bayi tidak mau minum ASI atau susu formula karena perut bayi tidak nyaman. Bayi juga menjadi lengket dengan orang dewasa sehingga selalu ingin digendong. Bayi menjadi tidak nyaman sehingga orang tua harus ekstra saat mengasuh bayi.

  1. Demam

Masuk angin pada bayi juga akan membuat bayi terkena demam. Demam pada bayi akibat masuk angin bisa muncul secara tiba-tiba. Suhu bayi mungkin juga akan turun naik dengan cepat. Terkadang demam ini juga yang akan menyebabkan step pada bayi. Jika dalam waktu beberapa hari demam pada bayi tidak menurun, maka segera bawa ke dokter terdekat.

  1. Hidung meler

Masuk angin pada bayi juga akan menyebabkan hidung meler. Biasanya ini juga yang akan membuat masuk angin menjadi tanda awal pilek pada bayi. Bayi biasanya akan bersin dan kemudian suhu tubuh bayi akan meningkat dengan cepat. Jika seperti ini maka ibu bisa mencoba menghangatkan suhu di dekat hidung bayi.

  1. Diare

Masuk angin pada bayi terkadang juga disertai dengan diare dan perut kembung. Diare sering terjadi ketika masuk angin sudah berlangsung selama beberapa hari dan bayi belum menerima obat yang tepat. Akibatnya bayi akan menangis karena diare selalu diawali dengan sakit perut yang sangat tidak nyaman. Karena itu ibu harus segera mengobati diare agar bayi tidak terkena dehidrasi.

  1. Bayi terlihat lesu

Masuk angin pada bayi juga akan membuat bayi terlihat lesu dan tidak semangat. Semua karena bayi merasa tubuhnya tidak sehat. Biasanya bayi akan tertawa atau menangis saat digoda orang dewasa, tapi karena masuk angin maka bayi menjadi lemah seperti bayi yang sakit.

  1. Tidak mau minum ASI

Sama seperti pada orang dewasa, maka masuk angin pada bayi juga akan menyebabkan bayi tidak mau makan atau lebih tepatnya minum ASI. Ini karena masuk angin sering membuat bayi merasa perut mereka tidak nyaman. Perut bayi terasa mual dan sangat penuh serta jika dipaksa minum ASI maka akan muntah.

  1. Tidak mau minum susu formula

Jika bayi Anda minum susu formula maka saat masuk angin bayi juga tidak mau minum susu formula. Perut bayi sangat mual dan efek susu formula justru bisa membuat bayi muntah. Ini yang akan membuat tubuh bayi terkena dehidrasi karena kekurangan cairan.

Itulah semua ciri ciri bayi masuk angin paling jelas. Setiap bayi bisa saja memiliki ciri yang berbeda ketika akan masuk angin. Sehingga ibu harus cepat tanggap ketika bayi mengalami salah satu tanda masuk angin seperti diatas.

 

Leave a Reply