Catat, Ini Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Mulas Selama Kehamilan

 

Bundacorner.com – Selama hamil, banyak perubahan yang akan Moms rasakan termasuk dengan pola makan. Penting bagi Moms menerima asupan makanan yang bergizi saat hamil demi kesehatan bayi dalam kandungan. Namun ada beberapa makanan yang sebaiknya ibu hamil hindari karena bisa menimbulkan rasa mulas.

Berikut beberapa daftar makanan yang menyebabkan mulas selama kehamilan, seperti dikutip dari boldsky.com.

• Keju

Bila Moms sangat menyukai keju, maka hindari makanan ini ketika hamil. Karena keju akan memperlambat pengosongan perut yang menyebabkan tekanan yang lebih besar pada lambung dan mendorong asam ke kerongkongan, sehingga menimbulkan lebih banyak mulas.

• Kopi dan soda

Batasi asupan segala bentuk minuman berkafein atau soda. Sebab, minuman ini akan memberikan rasa mulas pada ibu hamil. Akan tetapi, bila Moms harus minum kopi pastikan untuk tidak meminumnya dalam keadaan perut kosong.

• Daging sapi

Daging sapi tinggi lemak dan bisa menyebabkan mulas pada wanita hamil. Maka dari itu, hindari makan daging sapi selama hamil. Jika Moms terpaksa harus mengonsumsinya, cobalah makan dengan potongan yang lebih tipis.

• Cokelat

Salah satu alasan cokelat harus dihindari oleh wanita hamil karena cokelat mengandung kafein yang diketahui dapat memicu gangguan pencernaan dan mulas. Selain itu, cokelat juga kaya akan theobromine yaitu jenis methylxanthine yang mempromosikan refluks dan mulas.

• Makanan pedas

Makanan pedas menjadi penyebab utama mulas pada wanita hamil. Jika Moms menginginkan makanan pedas, pastikan mengonsumsi makanan yang sama dalam jumlah kecil. Dengan sedikit mengonsumsinya, akan membebaskan diri dari ketidaknyamanan yang terkait dengan mulas.

• Makanan panggang olahan

Sebagian besar makanan panggang olahan yang tersedia di pasar sarat dengan bahan pengawet. Oleh karena itu, baiknya hindari makanan panggang olahan ketika sedang hamil.

• Alkohol

Moms tentu tahu, minum alkohol sangat merugikan pertumbuhan janin selama kehamilan. Lebih dari itu membuat ketidaknyamanan bagi perut Moms sehingga menimbulkan rasa mulas.

• Peppermint

Konsumsi peppermint melemaskan otot sfingter yang ada di antara esofagus dan lambung. Dalam kasus wanita hamil, otot perut sudah rileks yang menyebabkan asam lambung mengalir kembali ke esofagus dengan mudah.

Maka, untuk sementara waktu hindari konsumsi peppermint saat hamil. Begitu juga menghindari makanan yang mengandung rasa peppermint.

• Bawang putih

Fructans adalah komponen utama bawang putih. Komponen ini tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh manusia dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Pada wanita hamil, karena sistem pencernaan sudah di bawah banyak stres, konsumsi bawang putih sering menyebabkan mulas.

Sumber: nakita

Leave a Reply