Cara Menyembuhkan Pilek Pada Bayi dan Orang Dewasa dengan Mudah

 

Bundacorner.com – Semua Bunda tahu, kalau pilek ini sudah menyerang bakal agak lama sembuhnya. Tak hanya itu, pada saat awal-awal pilek datang rasanya pasti sudah tak karuan, mulai dari demam, dan sakit kepala. Mirisnya saat hal ini dialami oleh anak kita, yang masih belum bisa bicara, hanya bisa merengek.

Kasihan bukan Bun, karena ini wajibbaca.com memberikan tips cara menyembuhkan pilek pada bayi dengan mudah serta alami

Pilek dan flu merupakan penyakit yang dapat mengganggu aktivitas, terutama pada musim pancaroba saat ini yang ditambah dengan banyaknya polusi udara di lingkungan.

Siapa saja yang diserang penyakit ini tentu ingin cepat-cepat sembuh agar dapat beraktifitas seperti sedia kala. Namun sayangnya, banyak yang yang belum mengetahui bagaimana cara menyembuhkan pilek atau flu dengan cepat.

Pilek adalah virus menular yang paling sering terjadi pada cuaca dingin. Pilek tidak dapat disembuhkan, tetapi Anda tentu bisa meringankan gejala-gejalanya dan mencegahnya menjadi bertambah buruk jika Anda menjaga kesehatan.

Baca juga: Penyebab Timbulnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasi

Pilek adalah kondisi yang sangat tidak nyaman, apalagi jika gejala pilek bertahan hingga berhari-hari lamanya, Anda pasti tidak sabar untuk segera mencari cara menghilangkan pilek yang membandel tersebut.

Berbeda dengan flu, pilek umumnya disebabkan oleh rhinovirus. Pilek pun biasanya hanya terjadi beberapa hari saja sehingga tak perlu obat-obatan khusus untuk mengatasinya.

Walaupun sebagian besar serangan flu akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4 hingga 7 hari, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejalanya dan membantu memulihkan diri lebih cepat untuk sembuh.

Sementara dalam hampir sebagian kasus batuk dan pilek, penyakit merepotkan ini disebabkan oleh virus.

Bahkan, kebanyakan kasus bronkitis dan sinusitis yang sama-sama ditandai oleh gejala batuk pilek juga disebabkan oleh virus.

Berikut cara menyembuhkan pilek :

Baca juga: Tips Jitu Agar Anak Tak Ngompol Lagi

1. Minum obat dekongestan.

Merupakan obat pelega pernapasan. Obat ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di hidung dan menjaga agar rongga hidung tetap terbuka, contoh obat ini yang dijual bebas yaitu Phenylephrine dan pseudoephedrine.

2. Asupan vitamin C tambahan.

Vitamin C sudah sejak lama diketahui dapat mencegah pilek, namun ternyata vitamin C juga dapat mempersingkat serangan pilek. Vitamin C tambahan dapat diperoleh dengan cara meminum jus jeruk, memakan buah stroberi, kiwi dan memakan sayuran berdaun hijau.

Selain itu vitamin C tambahan juga dapat diperoleh dengan cara meminum suplemen vitamin C yang dijual bebas di apotik dan toko obat.

3.Mengambil cuti untuk istirahat.

Ambillah cuti selama beberapa hari, libur sejenak dari pekerjaan untuk beristirahat di rumah dengan rileks dan santai untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memulihkan diri dari kondisi sakit.

4.Beristirahat yang cukup.

Cobalah untuk beristirahat dengan memperbnayak tidur siang dan tidur malam hari setidaknya selama delapan jam di malam hari agar anda memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tubuh anda memiliki cukup energi untuk bisa menang melawan virus da penyakit.

Pada saat tidur cobalah tidur dengan menyangga kepala menggunakan bantal karena posisi kepala yang lebih tinggi dapat membantu mengeringkan rongga hidung.

5.Menjaga tubuh tetap hangat.

Selama anda beristirahat di rumah, jagalah tubuh anda tetap hangat dengan menyelimuti tubuh, karena kondisi tubuh yang hangat cukup dapat membantu selama pemulihan. Baca juga: “Anakmu itu Sudah 2 Tahun Harus Disapih, ASI nya Sudah Jelek, Bisa Bikin Anak Jadi Bodoh” Ternyata Begini Faktanya…

6.Membersitkan hidung dengan benar.

Pada saat hidung terasa penuh lendir, membersitkan hidung dapat membantu dalam membersihkan rongga hidung dan membuang lendir yang berlebihan, namun bersitan yang tidak tepat, terlalu keras atau terlalu sering dapat menyebabkan lendir terperangkap di dalam rongga sinus yang dapat berisiko untuk menimbulkan peradangan rongga sinus.

Cara membersitkan hidung yang benar adalah dwngan menutup satu lubang hidung menggunakan jari, kemudian bersitkan lubang hidung satunya dengan pelan untuk membersihkannya. Ulangi hal yang sama untuk lubang hidung sebelahnya. Setelah selesai jangan lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk membatasi penyebaran penyakit.

7.Meminum banyak cairan.

Baca juga: Si Kecil Susah Diatur? Begini Cara Menghadapi Anak Nakal Yang Benar

Berkeringat di bawah selimut dan membersitkan hidung dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dan dehidrasi yang dapat memperparah gejala pilek, oleh karen itu cairan tubuh perlu ditambah dengan cara minum lebih banyak, dan memakan buah dan syuran yang mengandung banyak air Melakukan perawatan uap.

Panas yang berasal dari uap dapat melonggarkan lendir, sedangkan kelembapan yang berasal dari air dapat membantu melegakan rongga hidung yang kering. Perawatan uap ini dapat dilakukan dengan meggunakan air mendidih yang dituangkan ke dalam mangkuk atau wadah, kemudian posisikan wajah di atasnya agar terkena uap

8. Mandi menggunakan air panas.

Mandi dengan air panas sangat bermanfaat untuk melegakan, dan memberikan efek hangat serta relaksasi, dapat membatu pemulihan.

9. Minum cairan panas.

Minuman panas akan membantu membersihkan rongga hidung dan meringankan gejala sakit tenggorokan. Minuman panas yang baik untuk menyembuhkan pilek antara lain teh hangat, campuran lemon, madu dan air hangat, serta sup ayam hangat

10. Menemui dokter.

Apabila pilek dan flu anda tidak sembuh dengan cepat atau gejala yang muncul bertambah berat segeralah menemui dokter untuk mendapatkan tambahan resep obat – obatan untuk meringankan gejala pilek dan flu yang anda alami.

Baca juga: Penyebab Utama Anak Kurang Nafsu Makan Beserta Solusinya

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Bayi sedang mengalami pilek yang menyebabkan hidung tersumbat, Bunda sebagai ibu pasti sangat merasa khawatir. Pada waktu pilek biasanya bayi mengalami kesulitan saat tidur, rewel dan juga kesulitan dalam bernafas.

Oleh sebab itu Bunda harus mengetahui cara yang benar untuk mengatasi pilek pada bayi. Berikut cara mengatasi pilek pada bayi :

1. Tempatkan bayi di ruangan tanpa AC untuk mengurangi hidung tersumbat. Bila bayi lebih nyaman dalam ruangan AC, gunakan mesin pelembap udara atau manfaatkan uap air panas. Anda dapat menambahkan minyak esensial seperti mentol.

2. Jika pilek pada bayi sudah sangat mengganggu, encerkan lendirnya dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Lalu, gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung.

3. Tepuk perlahan punggung bayi untuk membantu meringankan penapasannya yang tersumbat. Baringkan bayi dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan.

4. Untuk menghindari iritasi, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung.

5. Bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung bayi. Gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Baca juga: Bunda Sebaiknya Jangan Ajarkan Anak di Bawah 4 Tahun Calistung, Ini Alasannya

6. Anda dapat memberikan teh hangat untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan. Hal ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply