Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Saat Pilek dan Tidak Rewel

 

Bundacorner.com – Salah satu  penyebab bayi rewel saat tidur adalah ketika bayi Anda sedang sakit. Penyakit yang sangat umum untuk bayi termasuk pilek. Pilek sangat wajar untuk bayi karena sistem ketahanan tubuh bayi memang masih sangat rentan. Pilek yang ditularkan oleh virus memang mudah menyerang bayi karena pengaruh dari ibu menyusui, orang dewasa yang menyentuh bayi dan lingkungan yang sedang terkena virus flu. Tidur akan membantu bayi cepat sembuh saat pilek karena tubuh bayi bisa istirahat dengan baik. Tapi biasanya bayi sangat sulit tidur karena pilek. Anda tidak perlu khawatir lagi, dibawah ini akan kami ulas mengenai cara agar bayi tidur nyenyak saat pilek dan tidak rewel.

  1. Usap tubuh bayi dengan minyak telon

Sebelum tidur ibu bisa mencoba untuk mengusap semua bagian tubuh bayi dengan minyak telon. Minyak telon mampu memberikan rasa hangat untuk tubuh sehingga bayi menjadi lebih nyaman. Minyak telon juga bisa mengurangi berbagai gejala tidak nyaman karena pilek seperti hidung tersumbat,sakit kepala dan lain-lain. Tapi hati-hati saat menggunakan minyak telon, jangan sampai terkena mulut karena ada bahaya bayi minum minyak telon.

  1. Mandikan bayi dengan air hangat sebelum tidur

Banyak orang tua yang tidak memandikan bayi saat bayi sedang pilek. Tapi kebiasaan ini justru membuat bayi tidak nyaman. Untuk itu ibu bisa mencoba memandikan bayi dengan air hangat agar tubuh mereka lebih nyaman. Biarkan bayi menyerap uap dari air hangat tersebut yang bisa membantu mengurangi pilek dan membuat semua ingus dari hidung akan keluar. Mandi air hangat juga bisa mengatasi penyebab bayi susah tidur.

  1. Tempatkan bawang merah di dekat tempat tidur

Cara tradisional lain adalah denga menempatkan bawang merah di dekat tempat tidur bayi. Mengapa hal ini diperlukan? Karena bawang merah yang diletakkan dekat kepala bayi bisa membuat hidung bayi merasa lebih nyaman. Aroma senyawa kimia dalam bawang merah akan menyebar ke semua ruangan dan ini membuat balita tidak terlalu pening. Hati-hati saat menempatkan bawang agar tidak dimakan oleh bayi, karena bawang pedas dan bayi Anda bisa sangat rewel.

  1. Pijat tubuh bayi dengan bawang merah halus

Saat pilek maka tubuh bayi juga akan demam dan tidak nyaman. Ini yang akan membuat bayi sulit untuk  tidur. Untuk itu ibu bisa mencoba memijat tubuh bayi dengan bawang merah yang sudah dihaluskan. Pijat juga bisa membuat tubuh bayi tidak terlalu lelah sehingga bayi bisa tidur nyenyak. Tentu saja masih banyak  manfaat pijat bayi yang bisa membuat pilek bayi cepat sembuh.

  1. Berikan ASI yang cukup

Saat bayi sedang pilek dan hidung bayi tersumbat, maka mereka biasanya tidak mau minum ASI dengan baik. Namun saat bayi tidak minum ASI maka mereka bisa merasa lapar dan justru sulit tidur. Karena itu ibu bisa mencoba untuk memberikan ASI yang teratur baik saat bayi tidak sedang tidur atau saat mereka mau tidur. Jika bayi merasa tidak nyaman maka ibu bisa memberikan ASI perah dengan melakukan cara memerah ASI. ASI mengandung obat alami untuk bayi sehingga bayi Anda cepat sembuh.

  1. Bersihkan hidung bayi

Saat pilek maka bayi tidak bisa tidur karena hidung yang tersumbat oleh cairan. Masalah ini juga terjadi saat dewasa sehingga membuat orang tua mengeluh ketika pilek. Untuk mengatasinya maka cobalah membersihkan hidung bayi saat mereka bangun. Caranya bisa dengan menguap hidung bayi menggunakan air hangat, menjemur bayi saat pagi hari dan menepuk ringan punggung bayi. Cara ini akan membuat cairan hidung keluar sehingga pernafasan bayi menjadi lebih baik.

  1. Temani bayi saat tidur

Saat tidur dan pilek maka bayi juga merasa tidak nyaman. Ketika ibu memiliki banyak waktu maka temani bayi Anda saat sedang tidur. Kebiasaan ini sangat baik untuk menenangkan bayi sehingga bayi tidak rewel. Jika bayi tidak mau tidur berbaring maka gendong bayi sambil diayun. Kedekatan ibu dan bayi saat bayi pilek sehingga bayi lebih nyaman saat tidur.

  1. Gendong bayi saat tidur
  2. Berikan sedikit ayunan saat bayi tidur
  3. Berikan pakaian tipis agar bayi tidak demam saat tidur
  4. Jemur bayi saat pagi hari agar pilek cepat sembuh
  5. Jaga tingkat kelembapan kamar bayi
  6. Berikan sugesti saat bayi tidur agar cepat sehat

Jadi seperti inilah semua cara agar bayi tidur nyenyak saat pilek dan tidak rewel. Tidur menjadi kebutuhan yang penting saat bayi sakit, karena tidur akan menjaga kesehatan tubuh bayi. Jika ibu sulit menidurkan bayi saat pilek maka lakukan beberapa tips tersebut agar bayi mau tidur dengan nyenyak saat pilek.

 

Leave a Reply