Boleh Tidak Biskuit Gandum untuk Ibu Hamil : Manfaat dan Bahaya

 

Bundacorner.com – Memilih makanan atau camilan untuk ibu hamil mungkin menjadi hal yang sangat sulit untuk ibu. Karena ada berbagai gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan yang harus diikuti agar janin dalam kandungan tetap sehat. Salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi ibu termasuk seperti camilan. Ada berbagai jenis camilan yang bisa dipilih, seperti roti gandum. Anda bisa menemukan banyak jenis biskuit gandum termasuk dengan isian cream yang sangat lezat. Tapi boleh tidak biskuit gandum untuk ibu hamil? Serta apa saja manfaat dan bahayanya? Silahkan mengikuti informasi berikut ini.

Boleh Tidak?

Pada dasarnya mengkonsumsi semua jenis makanan olahan yang bersumber dari biji-bijian dan gandum utuh sangat baik untuk ibu hamil. Termasuk jika ibu mengkonsumsi biskuit gandum yang terbuat dari gandum utuh murni. Gandum utuh sangat baik untuk mendukung sistem pencernaan dan bisa mengatasi masalah ambeien agar tidak terkena bahaya ambeien untuk ibu hamil. Biskuit gandum biasanya juga sangat menyehatkan karena dilengkapi dengan berbagai nutrisi tambahan lain. Jadi tidak ada masalah jika ibu makan biskuit gandum selama hamil.

Manfaat

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam biskuit berbahan gandum sangat baik untuk kesehatan pencernaan ibu. Serat bisa membantu menjaga  berat badan yang seimbang sehingga ibu tidak terlalu  gemuk. Kemudian ini juga akan mencegah sembelit pada ibu hamil terutama sering terjadi sejak awal kehamilan atau sejak adanya tanda tanda penebalan dinding rahim sebelum hamil.

  1. Membuat tubuh ibu berenergi

Ibu hamil biasanya memang lebih cepat lelah karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Mengkonsumsi biskuit biji gandum sangat baik untuk mencegah masalah tubuh yang lemah. Biskuit gandum yang kaya dengan nutrisi termasuk lemak, protein dan karbohidrat akan menyumbangkan energi untuk tubuh ibu. Jadi makan biskuit gandum juga bisa mencegah bahaya kelelahan pada ibu hamil.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Biskuit gandum ternyata juga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Ini sangat baikl untuk tubuh ibu karena mengandung serat yang sangat tinggi. Serat akan menyerap kolesterol dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan lewat kotoran. Akhirnya makan biskuit gandum bisa menyebabkan tubuh ibu menjadi lebih sehat termasuk mencegah adanya resiko bahaya obesitas bagi ibu hamil.

  1. Kaya magnesium

Biskuit gandum termasuk salah satu jenis camilan yang mengandung magnesium sangat tinggi. Magnesium sangat penting untuk tubuh ibu hamil karena akan mengurangi masalah tubuh ibu yang lelah dan lemah. Magnesium juga sangat baik untuk melindungi pertumbuhan jantung janin sehingga detak jantung janin sehat selama dalam kandungan. Dan akan mencegah resiko penyakit jantung pada bayi yang baru lahir.

Bahaya

  1. Kelebihan gula

Dalam setiap proses pengolahan biskuit maka tidak mungkin tidak menggunakan bahan gula. Gula digunakan sebagai pemanis biskuit agar rasanya tidak terlalu tawar. Kemungkinan jika ibu selalu makan biskuit gandum maka bisa menyebabkan kelebihan gula yang memicu obesitas dan kelebihan berat badan.

  1. Kelebihan lemak

Ada berbagai bahan yang ditambahkan dalam proses produksi biskuit gandum. Salah satunya adalah lemak yang berasal dari minyak sayur terhidrogenasi. Minyak ini jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan maka memberi efek tidak baik untuk kesehatan. Minyak cenderung mengandung lemak tidak sehat yang akan meningkatkan berat badan ibu hamil dengan cepat. Minyak dan lemak ini juga tidak sehat untuk jantung ibu hamil.

  1. Kalori yang sangat tinggi

Umumnya biskuit gandum memiliki krim keju, coklat  atau vanila dan rasa lain di bagian tengahnya. Ini yang akan membuat kandungan kalori dalam gandum menjadi sangat tinggi. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga akan meningkat dengan cepat. Dan akhirnya tubuh ibu akan kelebihan jumlah kalori yang bisa meningkatkan resiko obesitas.

  1. Kelebihan garam

Biskuit gandum juga menggunakan garam sebagai bahan tambahan dalam prosesnya. Kandungan garam setiap biskuit gandum mungkin tidak masalah. Hal yang sangat berbahaya adalah ketika ibu hamil selalu makan roti gandum sehingga juga tubuh menerima banyak garam. Garam sangat berbahaya karena memicu resistensi cairan yang membuat kaki dan tubuh ibu bengkak selama hamil.

Jadi sebenarnya boleh tidak biskuit gandum untuk ibu hamil? Anda bisa melihat sendiri bahwa ini tidak masalah. Tentu saja ibu hamil juga harus mempertimbangkan apa manfaat dan bahaya yang bisa terjadi pada ibu dan janin dalam kandungan. Jadi bersikaplah bijak saat akan makan biskuit gandum selama hamil.

Sumber: hamil.co.id

Leave a Reply