1. Cara Membuat Oralit untuk Bayi

Sebagai antisipasi awal saat bayi mengalami diare, Moms bisa langsung membuatnya oralit untuknya. Cara membuat oralit untuk bayi pertama-tama dengan menyediakan garam dapur halus, gula pasir halus dan air putih. Siapkan pula sendok, gelas dan wadah bersih.

Masukkan setengah sendok teh garam dan 8 sendok teh gula pasir ke dalam wadah yang sudah disediakan. Tambahkan 1 liter air matang atau sekira 5 gelas air. Aduk dengan sendok untuk melarutkan bahan-bahan tersebut selama kurang lebih 1 menit. Berikan kepada buah hati 50-100 ml  atau setengah gelas setelah BAB atau muntah.

2. Cara Membuat Oralit untuk Balita

Saat balita terserang diare, oralit dapat mengurangi gejala diare, menggantikan cairan yang hilang bersama feses atau muntah yang berlebih, dan menjaga keseimbangan kadar elektrolit di dalam tubuh. Berikut cara membuat oralit untuk balita yang bisa dipraktikkan.

  1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum membuat oralit.
  2. Sediakan garam dapur dengan takaran 1/4 sdt.
  3. Sediakan gula pasir 1 sdt.
  4. Sediakan air putih 200 cc.
  5. Campurkan garam dan gula ke dalam air minum lalu aduk hingga larut.
  6. Berikan pada si kecil untuk usia 1-5 tahun sebanyak 200 ml atau 1 gelas yang diminum setelah BAB atau muntah.

3. Cara Membuat Oralit untuk Bayi 8 Bulan

Gejala diare atau muntah berlebih pada anak akan menyebabkan ia kehilangan banyak cairan. Segera gantikan cairan yang hilang tersebut menggunakan oralit supaya terhindar dari bahaya dehidrasi. Cara membuat oralit untuk bayi sama dengan membuat oralit untuk balita dengan mencampurkan 1/4 sdt garam dengan 1 sdt gula pasir serta air putih 200 cc. Aduk hingga rata. Berikan pada si kecil pada tiga jam pertama dengan dosis 300 ml atau 1,5 gelas kemudian setelah ia BAB atau muntah dengan dosis 100 ml atau setengah gelas.

4. Cara Membuat Oralit untuk Bayi 7 Bulan

Oralit bisa menjadi salah satu pertolongan pertama ketika bayi mengalami diare. Cara membuat oralit pun tergolong mudah. Moms tinggal mencampurkan 1/4 sdt garam dengan 1 sdt gula pasir serta air putih 200 cc lalu aduk perlahan hingga merata. Berikan pada si kecil dengan dosis 100 ml atau 0,5 gelas (setengah gelas) usai ia BAB atau muntah. Mudah kan Moms cara membuat oralit sendiri di rumah?

5. Cara Membuat Oralit untuk Bayi 5 Bulan

Memberikan oralit ketika bayi mengalami diare menjadi solusi penting agar ia tak kehilangan cairan lebih banyak lagi. Berikan oralit untuk mengganti cairan yang hilang ketika anak diare. Cara membuatnya yakni dengan 1/4 sdt garam dengan 1 sdt gula pasir serta air putih 200 cc kemudian aduk hingga rata. Berikan pada si kecil dengan dosis 100 ml atau setengah gelas setelah BAB atau muntah. Biarkan si kecil  meneguknya perlahan dan berhenti  3 menit setelah meminum oralit 2-3 kali agar usus dapat menyerap kandungan yang terdapat pada cairan oralit.