Agar Buah Hati Berakhlak Mulia, Bacakan 7 Doa Mustajab Ini

 

Bundacorner.com – Memiliki anak yang sholeh sholecha merupakan impian semua orang tua, sehingga terkadang ketika sang anak nakal atau memiliki akhlak yang kurang baik orang tua memarahi sang anak. Seperti memarahi anak sampai dipukul agar anak mau shalat? Astaghfirullah, tak harus pakai kekerasan agar anak menjadi anak yang sholeh-sholihah dan berakhlak, bacakan saja 7 doa mustajab ini saja

Semua orangtua pasti menginginkan agar anaknya kelak menjadi pribadi yang mulia dan bermoral. Tapi hal itu dirasa sulit untuk dilakukan para orangtua. Sebab, melihat anak jaman now yang sungguh memprihatinkan kelakuannya. Sebenarnya bisa kok merubah anak agar bermoral dan memiliki akhlak yang baik. Tak perlu pakai cara yang sulit, malah akan membuat anda kerepotan saja melakukannya. Cukup bacakan 7 doa mustajab ini saja untuk mengakalinya. Bun dicoba ya! semoga bisa berhasil. Baca juga: 14 Perlakuan Orang Tua Kepada Anaknya ini Bisa Menyumbat Mampat Rezeki

1. Doa Untuk Melembutkan Hati Anak yang Degil

Amalkan membaca surat asy-syuura ayat 19 ini

اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ

“Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

Baca doa ini sebanyak 19 kali pada air dan minta anak tersebut meminumnya. Insyaallah perangai anak yang degil akan berubah kepada baik dengan izin Allah. Boleh juga baca doa ini pada ubun-ubun akan ketika tidur.

2. Doa Untuk Anak Lembut Hati, Pintar dan Sholeh

Ketika memasak, senantiasa basahkan lidah dengan bacakan ayat 200 dari surat A-li’Imran ini

Baca juga: Rasulullah Sangat Marah Kepada Orangtua yang Suka Melakukan 4 Hal ini Kepada Anaknya

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”

Diikuti pula dengan memperbanyak dzikir :

Ya Hayyu, Ya Gayyum, Ya latif dan Ya Rahman, berulang-ulang.

Atau baca surat Al-fatihah, surat Taha ayat 1 sampai 5, diikuti doa nabi daud sebanyak 3 kali. Doanya “Ya Allah, lembutkanlah hati anakku(sebut namanya), seperti nama engkau lembutkan nabi Daud akan besi. Kemudian hembuskan pada makanan dan minuman. Kalau anak masih menyusu, hembuskan pada susu

Baca juga: Shireen Sungkar Lahirkan Anak Ke 3, Nama Anak Perempuannya Islami dan Artinya Indah

3. Doa Untuk Menangani Anak Lasak Dan Nakal

Amalkan ayat 40 dari surat Ibrahim

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

Selepas shalat, amalkan ayat 74 dari surat Al-Furqan

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

4. Doa Supaya Anak Rajin Kerjakan Shalat

Amalkan membaca surat Ibrahim ayat 40-41 ini

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ (٤٠)رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ (٤١)

Baca juga: Ingin Punya Anak Secerdas Kirana? 7 Ilmu Parenting dari Retno Hening Ini Wajib Bunda Punya

40. Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku. 41. Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”.

Doa ini seeloknya dibaca selepas shalat, atau setiap kali teringatkan anak. Amalkan membaca doa ini insyaallah anak-anak akan rajin shalat.

6. Doa Agar Anak Kita mendengar Kata

Amalkan ayat 69 dari surat Al-Anbiyaa’ ini

قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ

Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”,

Atau ayat 22-24 dari surat Al-Hasy-r

(22). هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖعَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖهُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

“Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” Baca juga: Bacalah Doa Mustajab Ini, Bisa Bantu Anak-anak Sholat Dengan Kesedaran Sendiri Tanpa Disuruh

(23). هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚسُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

(24). هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚيُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖوَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

7. Doa Memohon Rahmat dan Keberkatan

Jika surat tersebut telah diamalkan, berdoalah untuk meminta rahmat dan keberkatan dalam setiap yang dilakukan supaya hasilnya akan lebih baik. Bolehlah amalkan surat A-li’Imraan ayat 8-9

Baca juga: Tips Mendidik Anak yang Benar dan Baik Menurut Islam Sesuai Cara Rasulullah

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”.

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.

Nah itulah penjelasan 7 doa untuk anak-anak kita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Fatal Akibatnya! 4 Bagian ini Pantang untuk Dipukul Meski Sedang Marah Pada Anak

Sumber: Wajibbaca

Leave a Reply