Agar Asupan Nutrisi Kulit Bayi Anda Tetap Terjaga, ini Dia Cara Ampuhnya

 

Bundacorner.com – Kulit bayi anda ingin tetap terlihat sehat ? Menjaga kesehatan kulit bayi mutlak menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para ibu agar bayi mungil Anda terhindar dari penyakit kulit, seperti yang diakibatkan oleh biang keringat, bentol-bentol merah pada kulit bayi, dll. Namun jika bayi memiliki kulit kering, maka ciri yang tampak padanya adalah cenderung kasar, bersisik dan terkadang mengalami pengelupasan kulit.

Seluruh ibu tentunya ingin memiliki anak yang sehat. Nah kesehatan tubuh mereka memang seharusnya dirawat dan dijaga sejak masih bayi, seperti yang telah dilansir dari tribunnews, Mulai dari perawatan kulit hingga asupan nutrisi sang anak, harus menjadi perhatian serius. Namun sebelum membahas mengenai perawatan kulit pada bayi, mom harus mengenal tiga jenis kulit yang biasa dimiliki para bayi.

Baca juga: Tips Mandi Menyenangkan untuk Ciptakan Ikatan dengan Anak

Seperti apa sih ketiga kulit bayi itu dan bagaimana ciri-cirinya ?

Para bayi memiliki jenis kulit yang berbeda, yakni kulit normal, kulit kering dan kulit dermatitis atopik atau eksim. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, tekstur kulitnya akan terasa lembut, lembab dan bersih. Kondisi kulit normal pada bayi ini secara mudah bisa dideteksi karena teksur kulitnya yang sangat halus saat bersentuhan dengan kita, mom.

Jenis kulit ini bisa saja muncul karena disebabkan sejumlah faktor, mulai dari genetik, lingkungan yang tidak bersih, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulitnya. Kemudian, ada pula jenis kulit dermatitis atopik atau yang biasa disebut eksim, para bayi yang memiliki kulit seperti ini cenderung menampakkan tekstur yang terasa kering saat disentuh, sering muncul bercak merah dan terasa gatal. Bahkan diantaranya memiliki penyebab yang sama seperti kulit kering, yakni disebabkan faktor genetik dan biasanya terjadi kali pertama saat bayi tersebut memasuki usia 2 bulan hingga 1 tahun.

Baca juga: Berbagai Macam Cara Dilakukan Namun Belum Juga Dapat Momongan, Mungkin ini yang Terlupakan

Dari ketiga jenis kulit bayi itulah, maka perawatan kulit sejak bayi baru lahir sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban, elastisitas, dan kesehatan kulit mereka. Ingat loh mom, merawat kesehatan kulit bayi adalah salah satu hal penting selain menjaga nutrisi mereka. Kedua hal itu akan memberikan dampak bagi tumbuh kembang mereka nantinya.

Berdasarkan penelitian American Academy of Family Physicians (AAFP), gangguan kulit merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi dengan prevalensi mencapai 70 persen, sehingga menjadi sumber kekhawatiran yang besar bagi para orangtua, khususnya ibu. Oleh karena itu, melalui konferensi pers sekaligus kampanye bertema #ApaJenisKulitBayimu, PT Interbat bersama Mustela Indonesia berusaha menyampaikan pentingnya kesadaran bagi para ibu untuk mengetahui jenis kulit bayinya. Dalam acara tersebut, Brand Manager Mustela Indonesia Mohamad Nurhadi menyampaikan alasan digaungkannya kampanye itu.

Baca juga: Para Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Usia Tumbuh Kembang Anak Pada Umumnya

“Kenali Jenis Kulit Bayimu adalah kampanye persembahan Mustela yang bertujuan mengajak orangtua atau bunda untuk belajar mengenali jenis kulit sang buah hati, agar bisa memberikan perlindungan dan perawatan kulit yang sesuai,” ujar Nurhadi, dalam acara yang digelar di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

Ya, para ibu seringkali tidak menyadari begitu banyak permasalahan kulit yang dialami para bayi. Dalam kesehariannya sejak dilahirkan, para bayi terkadang mengalami iritasi kulit, bahkan ruam yang disebabkan ASI dan popok. Hal itu karena kulit bayi memang lebih tipis dan jauh lebih sensitif dan rentan terhadap lingkungan sekitar, jika dibandingkan kulit kita, mom.

Namun jangan khawatir, karena saat ini brand skin care untuk ibu dan anak Mustela telah memiliki serangkaian produk lengkap untuk perawatan dan perlindungan pada kulit bayi. Mustela Bebe, produk yang akan memanjakan para bayi, meskipun jenis kulit yang mereka miliki berbeda. Produk baby skin care ini memiliki kandungan yang diformulasikan secara khusus untuk kulit normal, kering, dan dermatitis atopik atau eksim.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Menyusui atau Memompa Asi Agar Anak Menjadi Shaleh

Dr Eveline dari PT Interbat menjelaskan bahwa seluruh rangkaian Mustela Bebe menggunakan bahan alami yang dinamakan Avocado Perseose.

“Avocado Perseose adalah bahan aktif yang dipatenkan Mustela dan digunakan pada seluruh varian Mustela Bebe, mulai dari (produk untuk) kulit normal, kulit kering, hingga kulit atopik,” jelas Eveline.

Bahan yang berasal dari buah alpukat ini merupakan bahan alami yang sangat sempurna untu merawat dan melindungi kulit bayi. Hal itu karena telah teruji secara klinis melindungi, melembabkan, mendukung pertumbuhan kulit, bahkan menjaga sel unik pada kulit bayi.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Pilek Pada Bayi dan Orang Dewasa dengan Mudah

Tips Merawat Kulit bayi Agar Tetap Sehat, Putih, Halus Dan Lembut

1. Mandikan bayi Anda dengan menggunakan air hangat, gunakan sabun yang memiliki pH rendah yaitu sekitar 4,5 – 5.

2. Jika  masih terdapat lapisan vernix caseosa pada kulit bayi Anda, harap jangan menggosoknya, sebab lapisan ini bermanfaat untuk melindung kulit bayi yang sensitif.

3. Pastikan dengan seksama bahwa tidak ada lagi sisa sabun atau busa yang menempel pada tubuh bayi.

4. Setelah selesai bayi Anda dimandikan, keringkanlah badan bayi dengan menggunakan handuk yang memiliki tekstur halus dan lembut. Yaitu dengan cara menepuk-nepuk   bukan digosok, karena jika digosok dapat membuat iritasi pada kulit. Baca : Faktor Pemicu Iritasi Kulit Pada Bayi.

Baca juga: Penyebab Timbulnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasi

5. Jika Anda hendak membubuhi bedak pada badan bayi, sebaiknya daerah lipatan seperti leher, ketiak paha dan kelamin jangan dibedakin. Karena jika bedak bercampur keringat,fases atau urin akan mengundang bakteri berkembang biak dan mengakibatkan timbulnya penyakit kulit akibat iritasi. Baca : Penyebab Biang Keringat Pada bayi.

6. Sebaiknya bayi anda dikenakan pakaian dari bahan katun yang lembut agar menyerap keringat. Ukuran pakaian harus sedikit longgar agar bayi anda nyaman.

Semoga bermanfaat…

Sumber: wajibbaca

Leave a Reply