9 Khasiat Konsumsi Teh Hijau, Meningkatkan Metabolisme Tubuh Hingga Cegah Penyakit Kronis

 

Bundacorner.com – Anda suka minum teh hijau? Teh hijau memang dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia. Apa saja khasiat teh hijau? 

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Rasa teh hijau sendiri tidak jauh berbeda dengan teh hitam yang sering kita konsumsi. Namun, harga teh hijau sedikit lebih mahal dibanding teh biasa. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan tinggi antoksidan yang disebut polifenol serta rendah kafein. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh kita, seperti mengencangkan kulit dan menghindarkannya dari tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Balita ini Derita Diabetes Diduga Karena Sering Minum Susu Kemasan

Kenapa teh hijau rasanya pahit? Teh hijau akan terasa pahit apabila diseduh terlalu lama. Hal ini karena menyeduh teh di air yang terlalu lama atau terlalu panas akan memecah pembuluh kayu (xilem) di daun teh dan melepaskan senyawa tanin di seduhan teh. Tanin ini sendiri merupakan senyawa polifenol yang memiliki rasa pahit dan kelat (sepet/sepat).

Jadi, menyeduh teh hijau yang benar adalah jangan terlalu lama. Cukup seduh teh selama 2-3 menit dengan temperatur 80˚C. Lalu nikmati hasilnya.

Apa saja manfaat teh hijau kepala jenggot?

Tidak hanya nikmat sebagai minuman hangat, teh hijau ternyata terbukti memiliki puluhan manfaat yang tidak disangka-sangka. Apa saja manfaat teh hijau kepala jenggot? Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika mengonsumsi teh hijau kepala jenggot dalam porsi yang pas, yaitu:

Baca juga: 10 Manfaat Jus Kurma Bagi Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung
Berdasarkan penelitian di Jepang, ternyata teh hijau mampu menurunkan kadar kolesetrol jahat (LDL) dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini disebabkan karena kandungan polifenol di dalam teh hijau yang mampu menghalangi penyerapan koleseterol dalam usus sehingga kolesterol bisa disingkirkan dan dibuang dari tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau cap kepala jenggot juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah hal ini terutama terjadi pada penyempitan pembuluh darah jantung arteri dan koroner sehingga penyakit jantung pun tidak akan menjangkit anda yang rajin meminum teh hijau cap kepala jenggot.

Baca juga: 9 Khasiat Nyata Daun Pepaya, Resep Ampuh yang Telah Turun Temurun

2. Melawan sel kanker
Kandungan polifenol di dalam teh hijau cap kepala jenggot ini mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang bisa dilawan oleh teh hijau cap kepala jenggot ini antara lain adalah kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

3. Mencegah diabetes
Manfaat lainnya dari teh hijau yang sudah sangat banyak diketahui orang adalah mampu mengendalikan tingkat kadar gula dalam tubuh. Teh hijau mampu memperlambat bahkan menghentikan pembentukan penyakit diabetes tipe 1 yang biasanya adalah penyakit keturunan. Hal yang sama pun diduga cocok dengan manusia.

4. Membantu menurunkan berat badan
Benarkah teh hijau melangsingkan? Teh hijau mampu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak lebih banyak namun juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tidak hanya langsing namun juga tetap sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan katekin yang terdapat di dalam teh hijau yang sangat optimal dalam membakar lemak. Selain itu, kandungan kafein dalam teh hijau mampu meningkatkan kinerja fisik sebesar 11 hingga 12  persen sehingga program penurunan berat badan yang anda lakukan lebih optimal.

Baca juga: Manfaat Temulawak yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

5. Mengendalikan tekanan darah
Bagi anda yang saat ini mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi maka cobalah untuk minum teh hijau cap kepala jenggot dengan rutin setiap harinya. Teh hijau cap kepala jenggot mampu menaikan tekanan darah rendah terutama pada orang tua atau lansia. Namun bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi juga tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat tekanan darah naik drastis.

6. Melindungi organ hati
Manfaat lainnya dari teh hijau cap kepala jenggot adalah mampu melindungi organ hati dari zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti dari konsumsi alkohol atau rokok. Selain itu teh hijau cap kepala jenggot juga mampu mencegah terjadinya penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus berbahaya. Untuk bisa mengambil manfaatnya diperlukan kadar katekin yang cukup banyak dari teh hijau ini.

7. Meningkatkan kesehatan tubuh
Kandungan polifenol, flavonoid dan catechin pada teh hijau merupakan senyawa aktif yang sangat baik bagi tubuh dan sumber antioksidan alami bagi tubuh. Selain itu, senyawa Epigalocathecin Gallate juga sudah terbukti mampu melindungi sel-sel tubuh dari berbagai ancaman kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Hobi Minum Teh Kemasan dan Soft Drink, Bocah 11 Tahun ini Meninggal Kekurangan Air Putih

8. Meningkatkan kemampuan fungsi otak
Kafein dalam jumlah rendah mampu meningkatkan konsentrasi otak dan meningkatkan kinerja neurotransmitter seperti noreponerin dan dopamine. Hal ini akan membuat kemampuan reflek otak menjadi lebih baik. Teh hijau cap kepala jenggot juga memiliki kandungan asam amino L-theanine yang mampu menghentikan efek cemas yang disebabkan oleh kafein. Asam amino L-theamine ini juga bisa melancarkan peredaran darah menuju otak dimana terkadang terhenti karena ada sesuatu hal yang menghalanginya.

9. Mencegah Alzheimer dan Parkinson
Penyakit berbahaya lainnya adalah Parkinson. Kandungan cathecin yang ada di dalam teh hijau cap kepala jenggot disinyalir mampu membangun sistem pertahanan pada sel safar neiuron otak sehingga penyakit alzheimer dan parkinson mampu dihindari.

10. Menurunkan resiko terjangkit bakteri
Bakteri adalah salah satu penyebab penyakit jika sifat dari bakteri adalah bakteri pathogen. Berbagai jenis bakteri yang sangat tidak baik bagi tubuh seperti strepcocus mutan dapat dihindari dengan mengonsumsi teh hijau cap kepala jenggot dengan rutin setiap harinya.

Baca juga: Hanya 5 Menit, Begini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Bayi Tanpa Obat

Apakah teh hijau berbahaya?

Selain karena rasanya yang khas, teh hijau banyak disukai karena punya banyak manfaat penting. Apakah teh hijau berbahaya? Menurut penelitian terbaru, minum terlalu banyak teh hijau justru berbahaya buat kesehatan. Adapun bahayanya sebagai berikut:

1. Overdosis kafein
Sama halnya dengan jenis teh lain, teh hijau juga mengandung kafein. Apabila diasup berlebih, maka jumlah kafein yang diterima tubuh juga akan bertambah. Hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, gangguan tidur, mudah tersinggung, cemas, dan sakit maag.

2. Acid reflux
Seseorang tidak disarankan untuk meminum teh hijau dalam kondisi perut kosong. Alasannya karena teh mengandung polifenol yang dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan sakit perut, rasa mual, sensasi terbakar, atau bahkan sembelit. Minumlah teh hijau di sela waktu makan atau setelah makan.

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Mudah dan Aman

3. Menyebabkan dehidrasi
Teh hijau adalah diuretik alami yang menyebabkan tubuh kehilangan air. Bila seseorang meminum teh hijau lebih banyak, otomatis ia akan lebih sering mengeluarkan cairan. Pada gilirannya hal itu akan menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Dehidrasi tingkat lanjut dapat menimbulkan sakit kepala , kelesuan, dan kelelahan

4. Merusak hati
Seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu tidak disarankan mengonsumsi teh hijau karena tidak aman. Menggabungkan teh hijau dengan obat antibiotik, stimulan, obat asma, atau obat lain dapat menimbulkan risiko kerusakan hati.

5. Mengurangi kandungan zat besi
Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Namun jangan karena ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka teh hijau yang diminum lebih banyak. Hal itu dapat membuat tubuh kurang menyerap zat besi sehingga membawa masalah kesehatan baru, terutama pada orang-orang yang tingkat zat besinya rendah.

Baca juga: Hanya dalam Semalam, ini Cara Menyembuhkan Pilek yang Aman tanpa Obat

Kenapa teh hijau harus diminum setelah makan? Sangat direkomendasikan mengonsumsi sesuatu yang menyehatkan di pagi hari karena tubuh kita dalam kondisi siap menerima asupan makanan. Hanya saja jangan minum teh dalam keadaan perut kosong. Karena bisa memicu produksi asam lambung. Selain itu kalau diminum dalam keadaan perut kosong, kandungan kafeinnya bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi kalau mau minum teh hijau di pagi hari, minum satu jam setelah sarapan ya.

Nah, itulah penjelasan tentang teh hijau mulai dari manfaat hingga bahaya mengonsumsi teh hijau yang berlebihan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terima kasih.

Sumber: wajibbaca

Leave a Reply