7 Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan Tapi Dapat Bahayakan Kesehatan Kita, Salah Satunya Langsung Sikat Gigi Sehabis Makan

 

Bundacorner.com – Ada banyak kebiasaan untuk menyehatkan tubuh kita. Seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, sampai tidur nyenyak.

Namun untuk beberapa alasan, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata berbahaya untuk kesehatan kita.

Nah, daripada kita menyesal, inilah beberapa kebiasaan yang bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kita dilansir dari Bright Side.

1. Menyikat gigi setelah setiap makan

Menurut Mayo Clinic, jika Anda mengonsumsi sesuatu yang asam, Anda harus menghindari menyikat gigi setidaknya selama 30 menit.

Baca juga: Minumlah Campuran Kunyit dan Madu dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

Sebab makanan yang mengandung asam sitrat, seperti jeruk, grapefruits, dan lemon melemahkan enamel gigi. Menyikat terlalu cepat setelah memakannya dapat merusak email dalam keadaan lemah. Tetapi penting untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama di malam hari.

2. Berfokus hanya pada kardio

Sangat penting untuk melakukan banyak olahraga dan tidak hanya fokus pada kardio saja. Jangan hanya melakukan olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Tapi lakukan juga olahraga untuk meningkatkan massa otot atau meningkatkan kekuatan.

3. Tidur ekstra di akhir pekan

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur beberapa jam di akhir pekan sebenarnya buruk dan dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Baca juga: 5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

Jadi, alih-alih mengejar defisit tidur pada hari kerja, targetkan setidaknya 7 hingga 9 jam tidur setiap malam.

4. Melewatkan makan siang

Sangat umum untuk melewatkan makan siang jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tetapi strategi itu jarang berhasil.

Menurut Weight Control Information Network, orang yang cenderung melewatkan makan siang secara teratur akan memiliki berat badan yang jauh lebih banyak daripada orang yang sering makan sepanjang hari.

Sebab melewatkan makan siang dapat membangkitkan selera makan Anda nanti dan pada akhirnya menyebabkan Anda makan berlebih.

Baca juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengonsumsi Pisang dan Alpukat Setiap Hari

5. Menghindari matahari

Terkena sinar matahari terlalu lama memang dapat menyebabkan kulit terbakar, tetapi tidak terkena sinar matahari dapat juga menyebabkan penyakit serius dan juga menyebabkan kekurangan vitamin D.

Menurut Pelle Lindqvist, MD dan rekan-rekannya, dari Rumah Sakit Universitas Karolinska di Huddinge, Swedia, telah ditemukan bahwa wanita yang terkena sinar matahari pada umumnya berisiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit non-kanker / non-CVD seperti diabetes, multiple sclerosis, dan penyakit paru-paru daripada mereka yang menghindari paparan sinar matahari.

Baca juga: Pantas Saja Orang Indonesia Banyak Yang Kena Gula, Ternyata Itu Akibat Makan Nasi Yang Dimasak Seperti Ini

6. Berolahraga berlebihan

Berolahraga secara teratur bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi kelebihan apa pun itu buruk.

Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada otot-otot Anda, dapat menyebabkan masalah tidur, dan untuk anak perempuan, itu juga dapat mengacaukan siklus menstruasi Anda.

7. Minum air kemasan

Menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, sampel dari 1.000 merek air botol mengandung bakteri atau bahan kimia dalam tingkat yang dianggap tidak aman karena dapat menyebabkan kanker atau penyakit lainnya. Jadi, sebagai gantinya pilih air yang telah dimasak sendiri.

Baca juga: Wow Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kita Ketika Hanya Minum Air Putih Selama 30 Hari

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply