5 Aturan Makan Kurma Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Dipahami

 

Bundacorner.com – Hamil merupakan salah satu fase yang diinginkan terjadi pada setiap wanita untuk mendapatkan keturunan dari pernikahan resminya. Memperoleh kehamilan bisa jadi merupakan suatu proses yang tidak mudah terjadi meskipun beberapa orang dapat segera merasakan adanya tanda kehamilan beberapa saat setelah menikah. Beberapa orang lain perlu sebauh usaha keras yang bisa jadi bukan hanya membutuhkan tenaga namun juga materi yang tidak sedikit.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, bagi ibu yang sedang dalam proses kehamilan tentu tidak ingin terjadi hal yang berbahaya bagi janin di dalam kandunganny ataupun munculnya gangguan kehamilan yang membahayakan. Harapan besar bagi setiap ibu hamil yang paling diinginkan adalah dapat melewati semua proses kehamilan dari awal munculnya ciri ciri awal wanita hamil hingga proses persalinan sebagai akhir dari kehamilan dapat berlangsung dengan baik dan menghasilkan bayi yang terlahir selamat dengan kondisi sempuran secara fisik maupun mental atau psikisnya.

Untuk mendapatkan kondisi janin yang disebutkan diatas tentu ibu hamil perlu mengusahakan beberapa upaya secara rutin demi mendukung proses kehamilannya. Beberapa upaya tersebut seperti melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter kandungan atau bidan terkati perkembangan kehamilannya secara rutin, menghindari aktivitas berat, beristirahat dengan cukup dan benar, serta memenuhi kebutuhan asupan nutrisi selama kehamilan dan mengurangi berbagai macam pantangan makanan ibu hamil. .

Berkaitan dengan kebutuhan asupan nutrisi kehamilan tersebut, tentu ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil baik berupa makanan pokok maupun makanan pendamping. Salah satu jenis makanan yang dapat membantu proses kehamilan agar berlangsung dengan benar adalah buah bauhan. Kurma merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki manfaat baik untuk ibu hamil sehingga dapat secara rutin dikonsumsi. Berikut ini beberapa ulasan mengenai manfaat kurma untuk ibu hamil dan aturan makan kurma untuk ibu hamil.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma adalah salah satu buah yang sangat banyak ditemui ketika masuk bulan puasa atau ramadhan dan termasuk buah yang baik untuk ibu hamil. Jenis buah ini ternyata tidak hanya manis secara rasa namun memiliki banyak kandungan nutrisi, gizi, vitamin, dan mineral yang melimpah sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan khususnya untuk kehamilan. Kurma menjadi salah satu buah yang dapat membantu program hamil guna mempercepat kesempatan mendapatkan kehamilan. Selain itu kuram juga memiliki manfaat bagi ibu hamil diantaranya :

  • Asupan nutrisi yang terpenuhi, Kandungan nutrisi melimpah dari kurma mulai vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat sanat membantu memenuhi asupan nutrisi selama proses kehamilan. Dengan nutrisi yang terpenuhi tersebut maka proses perkembangan janin berlangsung secara normal sesuai usia kehamilan serta kesehatan janin dan ibu hamil dapat terjaga dengan baik.
  • Menyiapkan proses persalinan, konsumsi buah kurma dipercaya dapat membantu mempersiapkan proses persalinan tertutama melahirkan normal. Hal ini dikarenakan, dengan konsumsi kurma sesuai aturannya dapat membatu mengurangi kebutuhan oksitosin dalam proses kontraksi, menjaga ketuban agar tidak mudah pecah, serta membantu melunakkan jalan lahir.
  • Mencegah beberapa penyakit yang termasuk gangguan kehamilan, beberapa kandungan nutrisi dalam kurma seperti mineral dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam gejala penyakit yang tentu akan berpengaruh pada ibu hamil. Konsumsi kurma dapat mencegah kondisi anemia dan sembelit.
  • Manfaat lainnya, manfaat kurma lainya bagi ibu hamil diantaranya seperti membantu pertumbuhan tulang, meningkatkan produksi asam amino, dll.

Aturan Makan Kurma Untuk Ibu Hamil

Dalam penjelasan diatas diketahui bahwa kurma memiliki berbagai macam manfaa yang baik namun tetap perlu diperhatikan konsumsinya karena kurma memiliki kandungan gula tinggi sehingga dapat menningkatkan resiko terjadinya gestational diabetes. Aturan makan kurma untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan diantaranya seperti dibawah ini.

  1. Jumlah, konsumsi kurma yang baik sesuai dengan kebiasaan dimasyarakat yakni dengan jumlah yang ganjil berapapun itu. Bagi muslim, konsumsi kurma dengan jumlah ganjil adalah sunah.
  2. Waktu, konsumsi kurma harus dilakukan secara teratur setiap hari dengan jumlah yang sebaiknya sama terutama pada saat mendekati proses persalinan. Konsumsi dipagi hari dirasa lebih baik.
  3. Makanan pendamping, jangan menjadikan kurma sebagai makanan utama karena tubuh tetap membutuhkan nutrisi lain yang tidak mampu dicukupi hanya dengan mengkonsumsi kurma.
  4. Jenis kurma, banyaknya ragam jenis dari kurma tentu harus menjadi pilihan ibu hamil untuk menentukan jenis kurma yang baik. Beberapa jenis kurma yang baik untuk ibu hamil diantaranya kurma ajwa, kurma muda, dan kurma ruthab hitam.
  5. Jangan berlebihan, semua jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak akan memberikan manfaat malah berbalik menjadi sebuah kondisi negatif. Untuk itu, meskipun kurma bukan termasuk pantangan makanan ibu hamil namun tetap perlu diperhatikan konsumsinya agar tidak berlebihan terutama bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes.

Itulah beberapa kondisi dan aturan makan kurma untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan agar berbagai manfaat yang juga disebutkan diatas dapat diperoleh dengan baik serta berguna dalam hal menghindari berbagai dampak buruk atau efek samping dari kurma tersebut.

 

Leave a Reply