10 Cara mengeluarkan Dahak Pada Bayi Usia 2 Bulan Secara Alami

 

Bundacorner.com – Batuk pada bayi adalah masalah yang sering membuat orang tua khawatir. Terlebih ketika bayi baru berusia 2 bulan sehingga masih sangat muda. Sayangnya penyakit batuk baik karena pilek, alergi atau kondisi penyakit lain memang sulit untuk diatasi. Bayi bisa mengalami batuk berdahak seperti orang dewasa biasa. Namun bayi tentu masih sangat sulit untuk mengeluarkan dahak sehingga bisa menyebabkan bayi sesak nafas seperti gejala asma pada bayi. Jadi memang sangat penting untuk melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi usia 2 bulan secara alami, seperti informasi Kami ini.

  1. Jemur bagian punggung bayi dengan matahari pagi

Menjemur bayi di pagi hari memang biasa dilakukan ketika bayi baru lahir. Alasannya memang sangat baik untuk kesehatan bayi termasuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Namun ketika bayi usia 2 bulan mengalami batuk berdahak yang parah maka bisa mencoba cara ini juga. Anda bisa membuat bagian punggung bayi terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa menjemur bayi pada pukul 7 pagi karena saat itu cahaya matahari memang sangat baik. Terapi ini seperti melakukan terapi sinar ketika bayi sedang batuk.

  1. Tepuk ringan punggung bayi

Setelah Anda menjemur bayi selama beberapa menit pada pagi hari, maka Anda bisa mencoba untuk memberikan tepukan ringan. Tepuk ringan pada bagian punggung hingga bayi seperti akan muntah. Ini juga termasuk cara mengatasi batuk pada bayi yang sangat efektif. Tepukan ringan akan memicu agar bayi mulai batuk alami. Kemudian saat batuk bisa saja bayi langsung mengeluarkan dahak.

  1. Pijat bayi

Ada banyak  manfaat pijat bayi dan salah satunya adalah membantu mengeluarkan dahak pada bayi. Kebiasaan memijat bisa membuat stimulasi otot pernafasan menjadi lebih ringan. Namun untuk mengatasi batuk maka sebaiknya Anda harus memijat bayi di tempat khusus pijat bayi. Tekanan ringan pada bagian tubuh tertentu bisa merangsang agar bayi batuk kemudian mengeluarkan darah.

  1. Terapi sinar merah

Jika Anda membawa bayi ke ahli pijat bayi maka mereka juga bisa menawarkan terapi sinar merah. Terapi dilakukan dengan cara memberikan sinar merah pada punggung bayi sambil di beri tepukan ringan. Ini memang sama seperti ketika menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi. Terapi sinar merah akan membuat rongga pernafasan bayi semakin terbuka. Langkah ini juga dilakukan untuk cara mengeluarkan dahak pada bayi yang berusia dibawah 2 bulan. Akhirnya sinar hangat pada bagian punggung bayi akan membuat bayi mengeluarkan dahak.

  1. Minyak esensial

Memijat dengan minyak esensial juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan dahak pada bayi 2 bulan. Anda bisa mencoba menggunakan minyak esensial yang tidak terlalu panas seperti minyak daun mint. Jika Anda tidak bisa memijat bayi atau khawatir bisa merusak kulit bayi maka bisa menggunakan alat humidifier. Minyak cukup dimasukkan ke alat kemudian dipasang di ruangan bayi. Pastikan Anda juga menambahkan minyak lain yang lebih ringan sehingga bayi tidak merasa pengap.

  1. Pijat dengan bawang merah

Anda juga bisa mencoba untuk memijat punggung dan dada bayi dengan bawang merah. Bawang merah mengandung bahan alami seperti kalium dan senyawa lain yang memberi rasa hangat. Usapkan sedikit saja bagian bawang merah ke dada, perut dan punggung bayi. Tunggu sampai bayi bisa batuk dan akhirnya dahak keluar saat batuk. Bawang merah ini juga bisa mengatasi masuk angin dan sakit perut pada bayi.

  1. Buat suhu ruangan bayi lebih hangat

Anda juga bisa mencoba untuk mengeluarkan dahak pada bayi dengan cara membuat suhu ruangan menjadi lebih hangat. Jangan menggunakan AC agar dahak bisa keluar. Anda bisa meletakkan satu ember air panas dan bawa ke kamar bayi Anda. Karena hangat maka dahak bisa keluar bersamaan dengan saat batuk.

  1. Coba uap bayi dengan air hangat dan minyak mint

Cara lain adalah dengan mencoba menguap hidung bayi dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit minyak mint. Karena minyak ini sedikit hangat maka gunakan dalam jumlah sedikit saja. Masukkan beberapa tetes minyak mint ke dalam baskom yang berisi air hangat. Tengkurapkan kepala bayi dan buat kepala bayi menghadap air tersebut sambil tutup dengan handuk.

  1. Jangan lupa beri ASI atau susu formula

ASI adalah obat yang paling tepat untuk bayi Anda. Anda bisa mencoba untuk tetap memberikan ASI karena ini bahan antioksidan dan antibodi yang sangat alami. Jika Anda tidak memberikan ASI maka bisa mencoba dengan memberikan susu formula. Meskipun saat bayi batuk memang tidak nafsu untuk minum maka cobalah untuk memberikan sedikit demi sedikit.

  1. Menepuk punggung bayi sambil ditengkurapkan.

Jika dahak bayi sulit keluar maka cobalah menepuk punggung bayi dengan posisi bayi tengkurap. Cara ini sangat baik untuk menjaga agar bayi bisa memuntahkan dahak saat sambil muntah biasa. Lakukan pada saat pagi hari setelah bayi mandi dan coba oleskan dengan minyak yang hangat.

Nah itu semua cara mengeluarkan dahak pada bayi usia 2 bulan secara alami. Jika bayi Anda terkena batuk, pilek dan juga berdahak maka bisa mencoba beberapa cara tersebut. Tapi jika sudah dilakukan dan belum ada tanda-tanda sembuh maka segera bawa bayi ke dokter anak.

 

 

Leave a Reply